10 Lagu Bertema Kebangsaan

1
1966

GeMusik – Hari gini, perjuangan tidak lagi identik dengan mengangkat senjata. Sudah sejak lama seniman musik memiliki cara yang khas dalam mewujudkan aksi bela negara. Yakni dengan menciptakan lagu-lagu yang menumbuhkan semangat kepahlawanan. Kecintaan pada tanah air direfleksikan melalui lirik penuh puja-puji.  Namun jaman terus bergulir. Kecintaan pada tanah air tidak lagi melulu berisi lirik penuh puja-puji, tetapi juga kritikan atau protes sebagai ungkapan kekecewaan. Semua dimunculkan dengan semangat kontrukstif.

Dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-17, GeMusik merangkum 10 lagu bernuansa kebangsaan yang dibungkus oleh beragam aransemen, mulai folk, pop hingga rock progresif.

10. Bendera – Cokelat (2002)

Lagu berjudul “Bendera” dari band Cokelat ini mengusung tema tentang nasionalisme. Lagu ini mengajak masyarakat khususnya kawula muda agar bangga dengan bendera Merah Putih, simbol negara Indonesia. Sebagian petikan liriknya, Merah Putih Teruslah Kau Berkibar/Diujung Tiang Tertinggi di Indonesiaku, menguatkan betapa semangat nasionalisme disuarakan dalam lagu ini.

9. Garuda di Dadaku – Netral

Meski lagu ini kerap dikaitkan dengan sepakbola, namun tetap saja nuansa kebangsaan dan semangat patriotisme menjadi ruh kuat yang tertera dalam liriknya. Lagu ini menjadi penyemangat skuad Garuda (julukan Timnas Indonesia) untuk berjuang mengharumkan nama bangsa.

8. Kharisma Indonesia – Louise Hutauruk (1979)

Lagu dari  album Dasa Tembang Terbaik 79 ini kerap disebut-sebut memiliki lirik yang imajinatif dalam menggambarkan bagaimana kemegahan dan kekayaan tanah air Indonesia. Polesan aransemen yang padat dan megah semakin menguatkan lirik dan pesan yang ingin disampaikannya.

7. Nusantara I – Koes Plus (1971)

Seri pertama lagu Nusantara yang seluruhnya berjumlah delapan ini kerap disebut sebagai yang terbaik. Lagu ini merepresentasikan bagaimana Koes Plus menggambarkan keindahan nusantara dengan bahasa yang lugas.

6. Tanah Airku – Dara Puspita (1966)

Lagu “Tanah Airku” yang dibawakan Dara Puspita ini mengusung lirik cinta tanah air. Band cewek asal Surabaya ini tak perlu menggunakan bahasa yang puitis untuk menunjukkan keindahan Indonesia. Surabaya sebagai saksi sejarah pertempuran kemerdekaan cukup menggores arti tersendiri di dalam lagu ini.

5. Jadilah Legenda – Superman Is Dead

Untuk Indonesia/Kita punya semua/Seribu budaya dan kekayaan alam yang tak terkalahkan/Untuk Indonesia jadilah legenda/Kita bisa dan percaya.

Petikan lirik lagu milik Superman Is Dead tersebut merekahkan rasa optimisme dalam berbangsa dan bernegara. Tidak seperti lagu Superman Is Dead lainnya yang menderu-deru, dalam lagu ini band punk asal Bali itu mencoba menggunakan tempo medium sehingga pendengar bisa mencerna pesan lirik yang ada dalam lagu itu.

4. Persada di Ambang Senja – Prambors Remaja Band (1989)

Lagu ini menjadi gambaran dimana para anak muda tahun 1989 mencoba melakukan perlawanan terhadap apa yang dilakukan para orang tua untuk mengurus negaranya. Enyahkan durjana yang merusak persada tercinta menjadi bait kunci dalam lirik lagu itu dan sekaligus menandakan kecintaan para pemuda terhadap negara Indonesia yang sedang diombang-ambingkan para generasi tua yang tak lagi memikirkan bangsanya.

3. Selamat Pagi Indonesia – God Bless (1980)

Lagu ini terinspirasi dari detik-detik eksekusi mati perampok legendaris bernama Kusni Kasdut. Kisahnya, tentang cinta tanpa syarat seorang perampok kepada negara yang menentukan ajalnya.

Tapi dia takkan kuasa melihat lagi/Seandainya kuasa membuka mulut mungkin akan berkata/Selamat Pagi, Indonesia Cintaku/

Begitulah petikan lirik yang menggambarkan kecintaan sosok Kusni Kasdut pada negaranya.

2. Negeriku – Chrisye

Oh negeriku, negeri cintaku/Selalu ada dalam hatiku/Cinta negeriku/Kau Bangkitkan semangat hidup selalu.

Begitulah petikan lirik lagu “Negeriku” dari Chrisye. Dalam lagu ini sang penyanyi mencoba mengungkapkan rasa terima kasih pada negeri tercintanya, Indonesia.

1. Kebyar-Kebyar – Gombloh (1979)

Lagu ini seolah menjadi lagu wajib yang harus dihafalkan oleh para murid sekolah dasar. Hal itu karena “Kebyar-Kebyar” begitu terkenal hingga seantero nusantara. Lagu ini juga kerap dibawakan dalam berbagai acara dari level kampung hingga kenegaraan. Tak pelak, “Kebyar-Kebyar” menjadi lagu legenda yang mampu membangkitkan rasa nasionalisme kita. (*)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.