15 Destinasi Wisata Rock & Roll Di Malang Raya

Kami merangkum sejumlah spot yang seru dan menarik di seputar Malang Raya demi hasrat berlibur dan jiwa rock & roll anda yang tak pernah pupus.

0
276
Tugu dan Balai Kota Malang dipotret dari udara. - Foto Dok. Malangpers.

Masa liburan telah tiba. Sejak momen Natal yang kudus hingga hingar-bingar Tahun Baru, orang-orang tampaknya mulai banyak yang mengambil cuti. Kebanyakan berlibur ke kampung halaman, mengunjungi keluarga atau memadati obyek-obyek wisata. Mumpung libur, katanya. Tak terkecuali juga ada gelak tawa bocah-bocah kecil dan para remaja yang seakan ‘terbebas’ dari aktifitas studinya.

Sejumlah kota dan daerah yang rutin jadi target berlibur sudah pasti mendadak sibuk dalam beberapa hari terakhir ini. Berbagai obyek wisata dan spot rekreasi berlomba-lomba menawarkan keseruan. Ruas jalannya mulai sarat dengan kemacetan. Tingkat hunian hotel pun sontak melonjak. Itu bisa terjadi di mana saja – mulai dari Bandung, Yogya, Bali, hingga Malang.

Ya, selamat datang di kota Malang.

Eh, anda mau ke mana?!

Alun-alun Kota? Sudah penuh dan sesak.
Area Balai Kota dan Tugu? Pasti macet.
Mall seantero kota? Lah, mau cari diskonan apa lagi?!
Berburu bakso, cwimie dan kuliner khas Malang? Uhm, kalau yang ini kami masih setuju.

Berkunjung ke Batu dan menikmati segala obyek wisata spektakulernya? Well, hanya orang-orang nekat dengan level ketabahan 666 kali lipat dari standar normal yang sudi ke sana pada musim liburan kayak gini.

Nah, supaya tidak bosan dengan kegiatan wisata yang ‘itu-itu’ saja di seputar Malang Raya. Kali ini kami hadirkan rekomendasi spot-spot yang menarik bagi anda yang sedang berlibur di kota Malang dan selalu menjaga gairah yang tinggi akan musik.

Kali ini kami coba pandu anda mengalami wisata rock & roll di Malang. Ini semacam panduan trip singkat yang pas untuk sesi liburan sementara atau kunjungan di akhir pekan.

Ketika anda mulai sumpek dengan suasana playground yang riuh atau anggota keluarga anda sedang capek ketiduran di hotel, itu mungkin waktu yang tepat bagi anda untuk segera kabur sejenak dari mereka, lalu menikmati ‘ketenangan’ yang hakiki bersama musik pada spot-spot berikut:

1. Museum Musik Indonesia
Museum yang dikelola oleh komunitas Galeri Malang Bernyanyi (GMB) ini menyimpan puluhan ribu koleksi yang berhubungan dengan musik. Mulai dari rekaman piringan hitam, CD, kaset, sampai aneka literatur dan pustaka, poster, alat musik, hingga atribut para musisi legendaris Indonesia. Di sini anda bisa menelusuri rak demi rak sembari mengamati rilisan lawas Koes Plus, Bimbo, Gombloh, hingga stok musik terkini. Lokasinya ada di lantai dua gedung Gajayana (Eks DKM), Jln. Nusakambangan, Malang.

2. Galeri Musik Dunia
Ini spot anyar yang jadi bagian dari wahana Jatim Park 3 di kawasan Beji, Batu. Baru dioperasikan beberapa pekan lalu. Isinya adalah koleksi beragam alat musik dari banyak negara, mulai yang tradisional hingga modern. Di situ juga dipamerkan replika busana dan atribut para bintang kesohor – mulai Elvis Presley, Bee Gees, Deep Purple, God Bless, Toni Q, hingga Krisdayanti. Mumpung masih baru dibuka, jadi cukup layak dikunjungi.

3. Taman Cerme & Gramafon Raksasa
Jika ingin suasana yang lebih tenang dan asri, silakan datang ke Taman Cerme di sekitar Jalan Merbabu, Malang. Kabarnya, taman itu memang sengaja didesain dengan konsep musik. Di tengah taman ada gramafon raksasa yang kadang-kadang mengeluarkan alunan musik klasik untuk menghibur pengunjung. Ini asli, bukan mistik. Taman milik pemerintah kota Malang ini dikelola dengan baik oleh hotel The Shalimar yang ada di seberangnya. Jangan ragu, bersantai di taman itu masih tindakan rock & roll kok.

Mengintip Stok Toko Rekaman / Record Store
Semenjak toko kaset Yukawi dan Disc Tarra gulung tikar, tidak banyak pilihan untuk membeli rekaman musik di Malang. Toko kaset Kawan masih bertahan dengan stok seadanya. Musikplus nekat buka gerai di Sarinah tapi koleksinya gitu-gitu saja. Tidak ada yang istimewa. Maka, pilihan yang terbaik adalah mengunjungi toko rekaman independen atau record store yang tersebar di Malang. Stoknya didominasi band-band indie yang masih muda dan segar. Aneka merchandise band juga tersedia di situ. Coba intip saja…
4. MLG Store, Jln. Aris Munandar 47, Malang.
5. Vintage Shop, Jln. Batanghari 3B, Malang.
6. Circle Records, Griyashanta H.303, Malang.
7. Ecocide Store, Jln. A.R Hakim 17, Malang.

Berburu Rekaman Musik
Jika toko-toko rekaman di atas tidak menyediakan pilihan yang tepat bagi selera anda yang terlalu snob atau cenderung lawas, maka sebaiknya anda berburu rilisan bekas (used) yang biasanya tergeletak di pasar loak. Kadang ada piringan hitam, kaset atau CD klasik yang bahkan belum anda kenal. Kadang ada buku atau majalah musik juga di sana. Oke, jangan terlalu berharap banyak. Tapi keajaiban dan harta karun kadang bisa muncul dengan tiba-tiba. Jadi, tidak ada salahnya menengok spot-spot seperti ini:
8. Boldi, Jln. Juanda, Malang.
9. Comboran, Belakang Pasar Besar, Malang.
10. Velodrome, Daerah Sawojajar, Malang.

Menengok Venue & Klub Musik
Sejak hampir semua kafe, bar dan kedai kopi bisa digunakan untuk perhelatan gigs atau showcase, sulit kalau hanya memilih satu-dua nama saja. Musik elektronik (DJ) dan folk yang belakangan berjaya tentu tidak lepas dari peran ruang-ruang alternatif seperti ini. Sebab simpel, intim dan mudah. Distorsi musik ala band-band rock juga makin mengeras sejak beberapa tempat tongkrongan bisa berubah jadi venue atau klub musik yang produktif. Ini masih sebagian, tapi coba cek ada keseruan apa saja di beberapa spot berikut:
11. God Bless Cafe 2, Jln. A.Yani 9, Malang.
12. Houtenhand, Kayutangan dan Dau, Malang.
13. Semeru Art Gallery, Jln. Semeru 14, Malang.
14. Legipait, Jln. Patimura 24, Malang.
15. Warung Srawung, Jln. Parangtritis 3, Malang.

Oke, daftar di atas tadi mungkin belum cukup dan tidak komplit. Bahkan sewaktu-waktu bisa berubah. Jika anda punya rekomendasi destinasi lain untuk wisata musik di Malang Raya, silakan kabari kami pada kolom komentar atau melalui segala akun media sosial GeMusik.

Akhir kata, selamat berlibur. Rock on!… (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.