22 Fakta Menarik Tentang Not in This Lifetime… Tour

Jelang konser Guns N' Roses di Jakarta, kami membeberkan 22 fakta seputar tur ambisius Axl Rose dkk yang bertajuk Not in This Lifetime... Tour. Well, you know where you are?...

0
76
Trio klasik Guns N' Roses: Duff McKagan, Axl Rose, Slash. - Foto dok. Hellojack.
- Advertisement -

GeMusik – Konser Guns N’ Roses dalam rangkaian Not in This Lifetime… Tour akan digelar pada tanggal 8 November 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta. Pertunjukan ini dipromotori TEM dan UnUsUaL Entertainment. Klik detilnya di situs resmi ini atau via Instagram.

Baca juga: Guns N’ Roses Bakal Mengguncang Indonesia

Menurut informasi dari penyelenggara, rombongan tur Guns N’ Roses sudah sampai di Jakarta, Selasa siang (6/11). Set produksi panggung, soundsystem. dan lighting yang megah sudah hampir siap 100%. Kemungkinan Guns N’ Roses akan menjalani soundcheck hari Rabu, lantas manggung di Kamis malam.  

Selanjutnya, apa yang bisa kami kabarkan sekarang? Anda tentu sudah cukup mengenal Guns N’ Roses – mulai dari personelnya, riwayatnya secara umum, hingga lagu-lagu hits-nya yang sudah populer di Indonesia. Perlu apa lagi?

Baca juga: Guns N’ Roses “Shadow of Your Love”

Kalau begitu, kami coba ulas tur ambisius yang sedang dilakoni Guns N’ Roses (GNR) selama dua tahun terakhir ini. Berikut kami sajikan 13 fakta menarik mengenai Not in This Lifetime… Tour:

  1. Suatu hari di akhir Desember 2015, situs resmi GNR tiba-tiba diperbarui dengan memajang konten serta logo klasik Gun’s N’ Roses. Ini tentu menggegerkan, sebab logo tersebut tidak pernah dipakai lagi sejak era Use Your Illusion di awal ’90-an. Ada gelagat apa ini?
  2. Spekulasi itu diperkuat dengan kehadiran GNR yang misterius di trailer film Star Wars: The Force Awakens. Publik semakin bertanya-tanya, what the hell?!
  3. Ternyata itu adalah sinyal tur Guns N’ Roses yang kemudian dikasih tajuk Not in This Lifetime… Tour – dimulai sejak bulan April 2016 dan belum berhenti sampai sekarang.
  4. Titel tur ini merujuk pada jawaban singkat Axl Rose dalam sesi wawancara ketika ditanya kemungkinan reuni dengan personel klasik GNR. Saat itu, sambil menggerutu, Axl Rose hanya menjawab, “Not in this lifetime.”
  5. Proyek tur ini bak ‘reuni’ yang kembali mempertemukan tiga personel klasik GNR – Axl Rose, Slash, dan Duff McKagan – untuk pertama kalinya sejak Use Your Illusion Tour di tahun 1993.
  6. Momen pembuka reuni GNR ini menyeruak ketika Axl Rose dkk resmi diplot menjadi headliner pada festival musik Coachella, 4 Januari 2016.
  7. Kabar soal tur ini akhirnya diumumkan secara resmi oleh GNR dengan jadwal komplit yang melibas 20 kota di Amerika Utara sejak tanggal 1 April 2016.
  8. Resminya, Not in This Lifetime… Tour itu diawali di kota Las Vegas, 8 April 2016, dengan aksi Alice In Chains sebagai pembuka. Namun sebagai pemanasan, GNR sempat bikin konser rahasia yang historik di Troubadour, Los Angeles, pada tanggal 1 April 2016.
  9. Formasi GNR untuk Not in This Lifetime… Tour adalah Axl Rose (vokal), Slash (gitar), Duff McKagan (bass), Dizzy Reed (keyboard), Richard Fortus (gitar), Frank Ferrer (drum), dan Melissa Reese (keyboard).
  10. Dalam formasi di atas, GNR telah melakoni tur keliling dunia ke berbagai negara dan benua – merangkai tak kurang dari 160 konser, ditonton 1,8 juta penonton, dan masih terus berjalan hingga sekarang.
  11. Pada tahun 2017, Not in This Lifetime… Tour menyasar wilayah yang lebih luas dengan menyambangi Amerika Selatan, Eropa, Asia, dan Oceania. Sepanjang tur, semua tiketnya nyaris selalu sold out dan meraup sukses besar.
  12. Mantan drummer GNR, Steven Adler, sempat beberapa kali ikut terlibat dalam beberapa sesi tur ini sebagai pemain tamu. Itu adalah pertama kalinya Steven Adler kembalil duduk di bangku drum GNR sejak tahun 1990 silam.
  13. Where’s Izzy Stradlin? Oke, pertanyaan yang bagus. Baca saja penyataannya kepada Rolling Stone.
  14. Sementara itu, Matt Sorum (eks drummer) bilang kepada Blabbermouth kalau dia memang tidak diajak terlibat dalam ‘reuni’ di tur ini.
  15. Para musisi dan band yang pernah didaulat sebagai opening acts antara lain ada Alice In Chains, The Cult, Dave Grohl (Foo Fighters), Wolfmother, Billy Talent, Royal Blood, Deftones, Zakk Wylde, Volbeat, Gojira, Manic Street Preachers, Greta Van Fleet, Ghost, bahkan Skrillex.
  16. Sementara itu, musisi yang pernah menjadi special guest di set konsernya GNR selama tur ini antara lain ada Sebastian Bach (Skid Row), Angry Anderson (Rose Tattoo), Angus Young (AC/DC), P!nk, dan Billy Gibbons (ZZ Top).
  17. Not in This Lifetime… Tour terbilang sukses secara finasial. Axl Rose dkk meraup tak kurang dari $480.9 juta dolar US hingga hari ini – dan jadi salah satu tur dengan pemasukan terbesar dalam sejarah musik dunia.
  18. Not in This Lifetime… Tour mendapat penghargaan dalam Billboard Touring Awards, pada bulan November 2017 lalu. Tur tersebut memenangkan kategori Top Tour/Top Draw dan jadi nominasi untuk Top Boxscore.
  19. Rangkaian Not in This Lifetime… Tour kali ini sudah mencapai seri atau leg ke-10, yang dilakoni GNR selama sebulan lebih mulai dari 3 November hingga 8 Desember 2018 menyusuri Meksiko, Asia, Afrika Selatan, dan kembali ke Amerika Serikat.
  20. Bukan bermaksud untuk ‘spoiler’, namun pada era digital dengan sokongan sumber dari YouTube dan Setlist.fm sungguh tidak sulit untuk mengetahui setlist konser GNR belakangan ini. Biasanya konser GNR akan dibuka oleh “It’s So Easy”, lalu berjalan seru selama tiga jam dan hampir mencapai 30 lagu, kemudian ditutup dengan “Paradise City”.
  21. Di sela-sela setlist GNR, biasanya juga ada sesi solo gitar dari Slash. Ini mimpi basah bagi penonton yang dulu zaman bocahnya suka melakoni air guitar di atas ranjang.
  22. GNR juga suka mengkover lagu-lagu di luar koleksi rekamannya. Pada panggung- panggung terakhirnya, Axl Rose dkk doyan membawakan “Slither” (Velvet Revolver), “Attitude” (Misfits), “Speak Softly Love” (Nino Rota / The Godffather OST), “Wichita Lineman” (Jimmy Webb), “Wish You Were Here” (Pink Floyd), “Black Hole Sun” (Soundgarden), hingga “The Seeker” (The Who). 

Jangan gegabah dan sembrono, konser GNR yang seperti di atas hanya bisa disaksikan dalam kehidupan yang sekarang. In this lifetime!

“You know where you are? Welcome to the jungle, baby!”

Sampai ketemu di moshpit?!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.