7 Lagu Dari Perempuan Untuk Perempuan

Salah satu anggota redaksi GeMusik yang paling perempuan bikin playlist berisi lagu-lagu milik penyanyi perempuan yang mampu menguatkan kaum perempuan.

1
363
frida kahlo disney

Kompleks adalah kata yang tepat untuk menggambarkan perempuan pada umumnya. Emosi-emosi yang tidak tersampaikan dengan baik, tekanan dari lingkungan tempat mereka hidup, tuntutan-tuntutan yang berlebihan, hingga kisah percintaan yang rumit.

Namun, sebenarnya ada satu hal yang perlu dipahami oleh perempuan di dunia ini: bahwa mereka tidak sendirian.

Daftar penyanyi wanita di bawah ini adalah buktinya. Musisi-musisi perempuan ini sengaja saya kumpulkan berdasarkan kekuatan lirik mereka dalam merangkul perempuan dan semua keluhannya. Karena bagi saya tidak ada yang bisa lebih menguatkan perempuan selain diri mereka sendiri, atau perempuan lain.

Baik, mari kita mulai.

2 Poor Kids – Ruth B

Lagu-lagu dengan tema menguatkan seringkali identik dengan nada-nada upbeat dan menghentak. Saya pribadi kurang sepakat dengan norma itu. Kadang kita perlu tenang sejenak, menyendiri, dan mendengarkan lagu yang syahdu. Salah satu favorit saya adalah penyanyi wanita asal Kanada, Ruth B. “2 Poor Kids” menyadarkan saya betapa nada-nada minor tidak selalu menyedihkan. Di lagu ini, Ruth B mencoba menyampaikan pesan serupa “Royals”-nya Lorde dan “If Ain’t Got You”-nya Alicia Keys.

And they think it’s a shame
That the world will never know our names
But I think that’s okay
‘Cause love gets ruined by money and power and fame

Cocok didengarkan bagi yang jengah dengan tuntutan gemerlap dunia. It’s so okay to be poor in this greedy world, ladies.

Love Myself – Hailee Steinfeld

Terlepas dari rumor bahwa lagu ini secara implisit berkisah tentang wanita yang belajar ‘memuaskan’ dirinya sendiri, saya lebih suka memaknai “Love Myself” sebagai lagu kemerdekaan bagi wanita. Kemerdekaan bagi wanita yang baru putus cinta, gadis-gadis yang tinggal sendiri di tanah rantau, atau para ibu yang membesarkan anak mereka tanpa ada suami. Mereka semua harus merdeka dan bebas mencintai diri sendiri.

(I love me)
Gonna love myself, no, I don’t need anybody else!

Sugar Town – Nancy Sinatra

Milenial mungkin lebih mengenal lagu ini dalam versi Zooey Deschanel berkat film favorit perempuan urban, 500 Days of Summer. Versi siapapun menurut saya sama saja, karena pesan untuk tetap bahagia menghadapi semua problematika selalu berhasil tersampaikan. Sedang sedih atau terpuruk? This song will give you instant smile from ear to ear, trust me.

I got some troubles but they wont last
I’m gonna lay right down here in the grass
And pretty soon all my troubles will pass
‘Cause I’m in shu shu shu,
Shu shu shu,
Shu shu shu shu shu shu Sugar Town

Scars to Your Beautiful – Alessia Cara

Cantik itu harus putih, tinggi, dan langsing. Standar konyol yang dibuat oleh kebanyakan orang dan membuat perempuan seringkali merasa tidak percaya diri. Penyanyi asal Brampton (Kanada), Alessia Cara, punya jawaban untuk wanita yang sering dianggap tidak cantik.

You should know you’re beautiful just the way you are
And you don’t have to change a thing, the world could change its heart
No scars to your beautiful, we’re stars and we’re beautiful
Oh-oh, oh-oh…

Masih kurang percaya diri? Bisa coba juga “All About That Bass”-nya Meghan Trainor, atau “Perfect”-nya Pink.

This is What Makes Us Girl – Lana Del Rey

Tidak akan lengkap daftar ini tanpa Lana Del Rey. Meski didominasi nada-nada yang mengharu biru, diksi lirik “This is What Makes Us Girl” terkesan liar dan apa adanya. Lagu ini ditulis dengan latar belakang kisah cinta remaja yang dinamis dan cenderung problematis. Sangat cocok didengarkan ketika berkumpul dengan sesama wanita, membicarakan patah hati yang pantas untuk dilupakan. Boleh dengan didampingi bir dingin.

This is what makes us girls
We don’t stick together ‘cause we put our love first
Don’t cry about him, don’t cry about him
It’s all gonna happen

Pada intinya, wanita akan sering terjebak dalam patah hati. Tapi bukankah kita adalah perempuan cantik dengan masalah-masalah yang indah? Seperti lagu baru Lana Del Rey feat. Stevie Nicks “Beautiful People, Beautiful Problems”.

Baca Juga : Mixtape: A Highway To January

New Rules – Dua Lipa

One: Don’t pick up the phone
You know he’s only callin’ ‘cause he’s drunk and alone
Two: Don’t let him in
You’ll have to kick him out again
Three: Don’t be his friend
You know you’re gonna wake up in his bed in the morning
And if you’re under him, you ain’t gettin’ over him

Menghadapi patah hati itu memang gampang-gampang sulit. Untuk itu Dua Lipa menulis lagu “New Rules”. Lagu ini berisi aturan-aturan yang harus dipatuhi perempuan yang ingin membebaskan hidupnya dari belenggu sakit hati. Perempuan yang sudah berhasil mentaati pakem ini, bisa dengan bangga menyanyikan tembang terbaru dari Dua Lipa bertajuk “IDGAF”.

Run The World – Beyonce

Saya sengaja menempatkan lagu kebangsaan kaum perempuan independen ini di baris terakhir. Karena semua kegelisahan, kesedihan, dan ketakutan perempuan dipastikan akan terbayar lunas di 4 menit 50 detik bersama Queen B. All hail Queen B!!!

Who run the world? Girls! Girls!

 

*Playlist ini juga bisa dinikmati melalui Spotify di sini.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.