GeMusik – Hanya butuh durasi kurang dari dua menit untuk melempar petasan ke podium, sembari mencibir sentimen SARA, praktek money politic dan pesta demokrasi yang tidak bisa dibanggakan.

AK//47 menyoroti itu semua dalam single “Lempar Petasan ke Podium” – dengan cara-cara yang tegas, singkat, dan menggerinda. Lagu itu, menurut keterangan mereka, merupakan respon dari momentum politik yang diwarnai dengan mobilisasi sentimen SARA yang kerap terjadi saat ini.

“Seolah kita hanya bisa duduk diam, menyaksikan keblunderan yang dilakukan politisi dan pemuka agama. Mereka mudah berbicara sambil membual dan masyarakat meyakini delusi-delusi tersebut sebagai pemecah persoalan,” ujar Garna Raditya, vokalis dan gitaris AK//47. “Lambat laun membenarkan aksi-aksi mereka dan lupa mempertanyakan untuk apa patuh terhadap mereka.”

Baca Juga: Perempuan Dalam Pusaran Karir Pas Band

Dalam videonya, AK//47 menampilkan instalasi boneka-boneka yang sudah rusak sebagai gambaran ironi masyarakat. Lalu terdapat sosok yang sedang berpidato di podium. Adapun petasan yang dilempar itu merujuk pada keberanian untuk menyanggah di tengah pidato.

Potongan liriknya cukup jelas: “Cobalah sesekali dalam hidupmu lemparkan petasan pidato ke podium!”

Proses pembuatan video klip itu dilakukan di Indonesia dan Amerika Serikat (AS) saat mereka menggelar tur di kedua negara tersebut. Terdapat cuplikan aksi panggung pada tur tersebut bersama Novelino Adam (bass, vokal), Yogi Ario (drum), serta para personel di AS: Damian Talmadge (bass) dan Mark Miller (drum).

Baca Juga: Atlesta – Recalling

Sebelumnya, band yang terbentuk di Semarang pada tahun 1999 itu telah sukses menyelesaikan tur ke 25 kota di Amerika Serikat, pada 22 April – 1 Juni 2018 yang lalu.

Bulan Oktober 2018 mendatang, AK//47 akan kembali menggelar tur ke AS, tepatnya di bagian East Coast untuk mempromosikan album baru, Loncati Pagar Berduri. Turnya kali ini direncanakan akan melibas belasan panggung bersama Antigama (Polandia), Rottenness (Meksiko), dan Violent Opposition dari Oakland, California. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.