Album Mendiang Jimi Hendrix Bakal Dirilis Tahun Depan

Memuat materi yang belum pernah dirilis sebagai upaya untuk memelihara dan melestarikan karya milik sang legenda rock n’ roll.

1
94
Sang Legenda Jimi Hendrix - Dok. Experience Hendrix.

GeMusik – Sudah 57 tahun James Marshall “Jimi Hendrix” telah pergi meninggalkan dunia. Tapi apa yang ia wariskan di jagat rock n’ roll terus abadi dan akan selalu menginspirasi tiap generasi.

Beberapa hari muncul kabar mengejutkan dari perwakilan Jimi Hendrix yang mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan karya-karya sang legenda yang tidak pernah dirilis sebelumnya. Materi tersebut dikemas menjadi satu album yang dikasih judul Both Sides of The Sky, berisi lagu-lagu yang pernah direkam oleh Jimi Hendrix selama Januari 1968 – Februari 1970.

Both Sides of The Sky merupakan edisi ketiga dari proyek trilogi album Jimi Hendrix yang menyajikan sisa rekaman studio terbaik dan terpenting pada katalog musik sang legenda tersebut. Sebelumnya, sudah pernah dirilis album berjudul Valleys of Neptunus (2010) dan People, Hell and Angels (2013).

Baca Juga: Original Soundtrack Woodstock The Movie

Beberapa lagu pada Both Sides of The Sky merupakan rekaman Jimi Hendrix bersama trio Band of Gypsys: Jimi pada gitar dan vokal, Billy Cox pada bass, dan Buddy Miles pada drums. Terdapat juga materi musik Jimi Hendrix Experience yang turut menampilkan drummer Mitch Mitchell dan bassist Noel Redding.

Selain berisikan materi yang pernah dikerjakan Jimi bersama band terdahulunya, album ini juga menyajikan tamu seperti Stephen Stills, teman baik Jimi Hendrix yang pernah diajak terlibat dalam sesi rekaman lagu “Woodstock” milik Mitch Mitchell. Stills juga menyumbangkan lagu “$20 Fine” di album ini – yang menampilkan permainan gitar Jimi Hendrix, gebukan drum Mitchell, Stills pada organ dan vokal, serta Duane Hitchings (Buddy Miles Express) pada piano.

Baca Juga: Woodstock (1): Kisah Perlawanan Generasi Muda Amerika

Di salah satu lagu berjudul “Georgia Blues”, Jimi dipertemukan kembali dengan teman lamanya ketika di Curtis Knight & The Squires, yakni Lonnie Youngblood (vokal dan saksofon). Nomor “Cherooke Mist” menampilkan Jimi Hendrix dengan permainan sitarnya. Konon lagu itu dibuat Jimi untuk menghormati suku Indian, leluhurnya sendiri.

Both Sides of The Sky diproduksi oleh Janie Hendrix, John McDermott, dan Eddie Kramer. Nama Eddie Kramer tidaklah asing, sebab ia selalu menjabat sebagai produser untuk setiap album yang pernah diproduksi selama karir dan kehidupan Jimi Hendrix.

Melalui situs resminya, Janie Hendrix selaku Presiden dan CEO Experience Hendrix mengatakan, “Kami memiliki komitmen untuk melestarikan warisan Jimi. Jimi dan aku pernah membuat janji. Dia bilang akan menjagaku dan aku memberitahunya kalau aku juga akan merawatnya. Kita sekarang berada di dekade ketiga menyaksikan karya Jimi dan tekad kita untuk menjaga integritas dari apa yang Jimi tinggalkan juga semakin kuat.”

Kramer juga berujar, “Rumah Jimi yang sebenarnya adalah studio. Di situlah musik dan keajaiban terjadi. Dia menyukai segala hal tentang rekaman. Inilah kesenangan dan kehormatan saya untuk berperan dalam prosesnya, saat itu dan sekarang.”

Both Sides of The Sky rencananya akan dirilis tanggal 9 Maret 2018 oleh Experience Hendrix dan Legacy Recordings, divisi katalog milik Sony Music Entertainment. Dalam album tersebut rencananya total akan ada 13 lagu yang 10 di antaranya tidak pernah dirilis sebelumnya.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.