Amigo, Viva Le NARCHOLOCOS!

Band hardcore punk asal Yogya, NARCHOLOCOS, menawarkan musik ngebut berbahasa Spanyol.

0
16
Foto dok. NARCHOLOCOS.

GeMusik – Yogyakarta dikenal sebagai skena musik yang selalu ramai dengan band yang datang dan pergi. Mitos sebagai laboratorium musik di mana banyak pelajar dari segala penjuru bermukim di sana lalu membentuk band dan kemudian bubar setelah mereka lulus menjadi kenyataan yang harus ditelan.

Salah satu band baru yang muncul adalah NARCHOLOCOS. Mereka bermain musik hardcore punk yang cepat dan kasar. Itu bikin mereka sedikit berbeda dengan band hardcore lain di Yogya – yang lebih sarat pengaruh sound ala New York Hardcore ataupun corak beatdown. Dipengaruhi oleh band hardcore punk Amerika Latin era ‘90-an macam Los Crudos dan Huasipungo, NARCHOLOCOS membawa semangat yang enerjik baik dalam penulisan lagu ataupun di stage.

Tidak hanya dari segi musik, band ini juga memakai judul dan lirik berbahasa Spanyol layaknya kita mendengarkan band dari Amerika Latin. Lirik sosial mereka babat habis dalam balutan bahasa Spanyol yang simple dan to the point.

Pelarangan penjualan minuman beralkohol oleh pemerintah yang kemudian membuat para pemuda di Yogya membuat sendiri fermentasi berbahan dasar buah-buahan menjadi hal yang dilirik oleh NARCHOLOCOS sebagai bahan lirik mereka. Mereka juga bicara soal jaringan skena hardcore punk di lingkungannya.

Tidak butuh waktu lama, dalam waktu dua minggu setelah terbentuk band ini langsung merampungkan 8 lagu yang kemudian langsung direkam di Melody Studio. Tehnik live recording sengaja dipilih untuk meluapkan energi dan amarah band ini.

Hasilnya, pada tanggal 17 Februari 2019, NARCHOLOCOS resmi merilis EP berisi 4 lagu berjudul “la manifestación” melalui akun Bandcamp-nya. Sila cek tautan berikut: www.narcholocos.bandcamp.com.

Konon ke depannya, EP itu akan dirilis juga dalam format fisik, bisa jadi kaset atau piringan hitam. NARCHOLOCOS juga sedang bersiap untuk merilis debut album penuh yang akan dirilis oleh Rizkan Records.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.