Apakah David Bowie Masih Berdansa di Mars?

Tepat hari ini, 10 Januari, tiga tahun lalu, David Bowie meninggal dunia. Dia meninggalkan banyak karya, warisan serta kenangan bagi mahluk di bumi.

0
19
David Bowie - Photo doc. Happy Magz.

Ground Control to Major Tom…

Tentang David Bowie, sejujurnya baru saya gemari belakangan ini. Meski kenal namanya sudah lama melalui Nine Inch Nails, Nirvana dan film Velvet Goldmine. Baru beberapa tahun terakhir ini saya rajin mengumpulkan diskografinya, membaca segala kisahnya, sampai membeli buku biografinya segala. Ya, saya seorang fans yang terlambat.

Rasanya David Bowie tidak perlu saya ceritakan lagi ya. Buang-buang waktu saja. Yang pasti, karya dan legacy-nya sudah diakui banyak pihak di planet ini, malah mungkin sampai ke angkasa dan mendarat di Mars. Konon relasi dan pengaruh David Bowie juga cukup kental di Indonesia. Coba tanyakan itu pada Setiawan Djody, Fariz RM, atau bahkan Jimi Multhazam. Mereka pasti bisa cerita banyak soal David Bowie.

David Bowie ketika berkunjung ke Indonesia – Foto dok. The Jakarta Post.

Salah satu yang menarik dari David Bowie adalah dia cukup produktif dalam berkarya dan kerap bekerjasama dengan musisi lain. Tidak peduli dengan musisi yang seangkatan atau yang usia dan reputasinya jauh di bawahnya. Semuanya berjalan baik, kalau tidak bisa disebut istimewa.

Begini saja singkatnya, butuh kerendahan hati yang tulus bagi Bowie saat menemani Trent Reznor menyanyikan lagu “Hurt”, misalnya. Belum lagi berbagai proyek dan kolaborasi serupa yang melibatkan David Bowie – di studio rekaman maupun di panggung.

Saya yakin dia tidak melakukan semua itu demi uang atau atas nama bisnis. Saya pun tidak pernah meragukan kecintaan dan dedikasi David Bowie terhadap musik, seni, budaya populer, dan hal-hal penting di sekitarnya. Well, his legacy has been written, everywhere.

10 Januari 2016 silam, mendadak muncul berita kalau David Bowie meninggal dunia – setelah dua hari sebelumnya ia berulang tahun dan merilis album anyar Blackstar. Itu sontak bikin saya shock dan ikut sedih. Lemes.

Saya sempat membaca segala artikel tribut dan obituari yang ditulis untuk mengenang David Bowie saat itu. Ada banyak artikel apik dan menyentuh di tautan ini.

Saya memang tidak pernah bertemu, menonton langsung konsernya, apalagi mengenal David Bowie secara personal, tapi entah kenapa kehilangan dia menjadi cukup emosional.

Mungkin, karena musiknya telah ikut mengubah hidup saya.

Sebagai tribut untuk mengenang kepergian David Bowie, saya sempat bikin playlist spesial di akun Spotify. Silakan simak di bawah ini:

https://open.spotify.com/playlist/5pLRNAVezBjJXJnVLQnge3 

Far above the moon, Planet Earth is blue, and there’s nothing I can do…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.