Bagaimana Kaset Demo Nirvana Itu Bisa Ditemukan?!

Harta karun berupa rekaman demo pertama Nirvana di awal perjalanan karirnya itu baru dibeberkan oleh seorang kenalan Kurt Cobain asal Tacoma, Amerika Serikat. Bagaimana kisah petualangannya?!...

0
332
kaset demo nirvana
Salah satu kaset demo pertama Nirvana yang baru diungkap ke publik. - Foto Dok. John Purkey.

GeMusik News – Lima tahun lalu kunjungan Nick Soulsby ke Tacoma, salah satu kota di Washington, menggiringnya untuk bertemu John Purkey. Nick sengaja mengunjungi Tacoma untuk merajut momen-momen yang terjadi pada 25 tahun lampau, di mana Nirvana pernah menjajaki panggung di masa awal karirnya dan bermain bersama band-band asal Tacoma.

“Waktu itu saya sedang berlibur, berjalan-jalan di barat laut dan mengambil beberapa gambar,” kisah Nick Soulsby. “Namun orang-orang di sana membuat liburan saya menjadi spektakuler.”

Nick Soulsby bertemu seorang pria bernama Brian Naubert, mantan personel band Yellow Snow, yang pernah bermain dengan Nirvana di Community World Theatre pada tahun 1987. Brian menyarankan kepada Nick untuk menemui seseorang.

“Ketika anda berada di Tacoma, ada seseorang yang harus anda temui,” kenang Nick mengingat kalimat Brian kala itu.

Singkat kata, Brian Naubert langsung mengenalkan Nick kepada John Purkey.

John Purkey adalah seorang musisi yang pernah menjadi bagian dari beberapa band di Tacoma. Salah satunya adalah Machine. Pada akhir tahun 1989, bersama Machine, John pernah mengobrol dengan Kurt dan mengatakan jika mereka akan sangat senang melakukan sebuah pertunjukan bersama Nirvana di Tacoma.

Semasa mudanya, John telah menghadiri sebagian besar pertunjukan awal Nirvana. Ia bahkan pernah menyaksikan evolusi di tubuh band asal Aberdeen itu; mulai dari aksi drummer Aaron, Dale Crover, Chad Channing, hingga kemudian Dave Grohl.

Salah satu kerabatnya pernah mengisahkan kalau semasa sekolah John Purkey biasa mengoceh tentang Nirvana. Ketika Kurt memberinya salinan sesi studio yang direkam pada Januari 1988, John langsung membawanya ke sekolah. Mata dan telinga semua teman-temannya terbuka lebar saat mereka mendengarkan betapa bagusnya musik dari Nirvana.

Salinan yang dimaksud tadi tidak lain adalah demo yang direkam Kurt Cobain dkk pada tanggal 23 Januari 1988 di studio Reciprocal (Seattle, US) milik produser Jack Endino. Itu adalah sesi rekaman pertama kali yang pernah dilakukan Nirvana. Saat itu mereka dibantu oleh drummer Dale Crover dari Melvins.

Pada hari di mana ia menemui John, Nick masih memelihara kekaguman dan ingatannya.

“John berbaik hati untuk mengundang saya ke rumahnya dan menceritakan tentang Tacoma pada akhir ‘80-an hingga awal ‘90-an, sambil berbagi barang-barang yang diberikan Kurt kepadanya,” ingat Nick Soulsby.

Tahun 1988 hingga 1990 merupakan periode awal perjalanan Nirvana hingga bergabung dengan label rekaman Sub Pop. Dalam durasi dua tahun itu, Nirvana sukses merekam beberapa lagu dalam wujud demo, dengan beberapa drummer yang berbeda. Kurt dkk juga sukses merilis singel dan debut album bertajuk Bleach di bawah label Sub Pop.

“Ini adalah salinan dari lagu ‘Love Buzz’ dan ‘Big Cheese’ yang disertai catatan Kurt Cobain yang mengatakan betapa senangnya dia mendapatkannya, mengolok-olok band-nya, dan sekaligus mengatakan bahwa dia sedikit kecewa karena hanya menghasilkan 1.000 eksemplar,” terang Nick.

Lima tahun setelah pertemuannya dengan Nick Soulsby atau 30 tahun setelah Kurt Cobain pertama kali memberikan salinan demo awal Nirvana, John Purkey menggemparkan publik dengan mengunggah empat salinan demo rekaman awal Nirvana yang pernah diberikan Kurt Cobain kepadanya melalui YouTube.

Satu materi lagu, termasuk demo Bleach, digarap selama sesi rekaman pertama Nirvana pada tahun 1988 di Reciprocal Studio dengan drummer Dale Crover (Melvins). Rekaman lainnya diambil dari demo untuk album Nevermind yang dikerjakan bersama drummer Chad Channing, sebelum kemudian digantikan oleh Dave Grohl.

Rekaman demo tersebut dipercaya sebagai hasil karya paling otentik di awal perjalanan karir Nirvana. Kualitas audio-nya terdengar mentah. Meski beberapa rekaman demo juga pernah lahir melalui kompilasi Nirvana yang dirilis setelah kematian Kurt Cobain, tetapi catatan dan kisah di baliknya itu masih begitu menarik.

Secara kesuluruhan, empat rekaman demo dalam wujud kaset yang diunggah secara berkala oleh John Purkey itu berisikan sekitar 34 lagu, dengan total durasi sekitar dua jam. Meskipun ada beberapa lagu yang pernah dirilis pasca kematian Kurt Cobain, tetap saja para penggemar Nirvana masih terkejut dan antusias mendengarkan materi-materi tersebut.

Pasalnya, demo awal ini berisikan materi lagu-lagu dengan aransemen mentah dan belum ada polesan di sana-sini. Alias masih dalam kondisi yang paling murni!

“Rekaman ini luar biasa. Ini adalah bukti dan harta karun bagi penggemar [Nirvana] di mana pun,” tulis salah seorang fans di kolom komentar.

Siapa sangka jika dalam periode yang singkat tersebut ada banyak potongan-potongan perjalanan Nirvana yang sampai saat ini masih saja menjadi misteri. Ketika ditemukan, tentu saja itu selalu mengejutkan para penggemar setianya.

24 tahun lalu Kurt Cobain telah pergi. Sejak saat itu pula perjalanan band bernama Nirvana terhenti. Namun bagi penggemarnya, mereka masih hidup di dunia ini dalam wujud karya-karya agung yang pernah dilahirkan dari rahim Nirvana.

“2018 and Kurt still alive!!!” respon salah satu penggemar yang mungkin menulis kalimat itu dengan histeris.

“Pada saat ini saya hanya bisa berterima kasih kepada John karena bersedia menunjukkan sisa-sisa dari apa yang Kurt sampaikan kepadanya. Juga tunduk dengan hormat dan mengatakan betapa terkesannya saya dengan kedalaman emosi yang dia tunjukkan: Pria sejati dan teman sejati…” tutup Nick Soulsby.

Materi demo awal Nirvana yang baru diungkap itu bisa disimak di sini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.