Christabel Annora Kobarkan Senandung Baru “Dari Jauh”

Dari negeri Britania Raya, musisi asal kota Malang ini menulis tembang syahdu sarat renungan yang berbicara soal perasaan rindu akan rumah dan kampung halaman. Sebuah kegundahan yang lazim bagi setiap anak perantauan.

0
92
christabel annora
Christabel Annora - Foto oleh Queena Kwan.

GeMusik – Pianist merangkap singer/songwriter asal kota Malang, Christabel Annora, resmi merilis singel baru yang dikasih judul “Dari Jauh” pada tanggal 01 Maret 2018. Lagu ini merupakan materi musik paling anyar dan belum pernah dirilis sebelumnya dari perempuan yang sekarang sedang menjalani studi di UK.

Materi musik “Dari Jauh” dikerjakan oleh Christabel Annora di sela-sela kesibukannya menuntut ilmu di kota Edinburgh, Skotlandia. Musik dasar dan liriknya ia kerjakan sendiri di sana. Dalam proses pengerjaan lagu ini, ia juga dibantu oleh teman barunya, Wilson Lisan, yang mengisi klarinet. Kebetulan, Wilson Lisan adalah orang asli Yogyakarta yang kebetulan sedang kuliah di UK juga.

“Lagu ini bercerita tentang orang yang sedang jauh dari rumah. Bisa karena alasan bekerja, studi, atau yang lain. Untuk memberi semangat lah, tujuan dari saya bikin lagu ini,” ungkap Christabel Annora mengenai tema utama singelnya tersebut.

“Inspirasinya datang ketika saya lagi homesick. Juga pas ngeliat teman-teman saya yang lagi homesick di sini,” tambahnya kemudian.

Memang, bait pertama dari singel ini rasanya sudah cukup mewakili perasaan pertama yang diendap oleh setiap orang yang pergi merantau, jauh dari kampung halaman.

Berkelana menerjang gulana
Siapa sangka, kau terbiasa
Perjalanan, merencah tantangan
Kesempatan, mungkin tak terulang untuk kedua kalinya

Selama beberapa bulan terakhir, Christabel Annora memang sedang meninggalkan rumahnya di tanah air, dan menjadi mahasiswa perantauan di UK. Minat dan hobi bermusiknya tidak lalu raib begitu saja. Ia mengaku sempat beberapa kali berpartisipasi dalam kelas dan pertunjukan musik di sana. Bahkan ia sampai pernah terjun ‘mengamen’ segala di negeri Britania Raya itu.

“Saya sempat belajar main bareng big band dengan brass section lengkap yang jumlahnya lebih dari 10 orang. Itu butuh konsentrasi penuh, apalagi bagi saya yang biasanya kurang fokus, hehe,” ucapnya sembari berbagi pengalaman bermusiknya di sana.

Selama di perantauan, proses kreatif perempuan yang akrab dipanggil Ista dalam bermusik itu ternyata tidak banyak berubah. “Iya, prosesnya sebenarnya tidak ada yang berubah. Mungkin cuma jadi lebih simpel aja. Bikin lirik, trus langsung [mainkan] ke keyboard, karena memang keterbatasan waktu dan alat di sini,” akunya.

Tak terasa waktu trus berjalan
Pastikan kau pun bertahan
Resah gelisah menjadi kawan
Jangan lawan, itu harapan ‘tuk pulang

Tembang “Dari Jauh” ini direkam dan di-mixing oleh Danny Herbert di Post Electric Studio, Edinburgh, pada tanggal 8 Januari 2018. Sedangkan proses mastering-nya lagu ini justru ‘dipulangkan’ ke Indonesia dan dikerjakan oleh Bambang Iswanto (The Morning After) di Nero Studio, Malang.

Sampul singel “Dari Jauh” – oleh Hendisgorge.

“Carpenters dan Paul McCartney nggak pernah keluar dari playlist rutin sehari-hari,” jawab Christabel Annora soal musik yang ia dengarkan selama penggarapan materi musiknya. “Juga banyak mendengarkan lagu-lagu dari almarhum Yockie Suryo Prayogo dan Chrisye, serta Curt Boettcher…”

Christabel Annora merupakan pianist, singer, dan songwriter asal kota Malang yang sudah mengeluarkan debut album, Talking Days, rilisan Barongsai Records pada bulan Mei 2016 silam. Ia juga sempat terlibat dalam berbagai proyek musikal bersama sejumlah musisi tanah air – seperti Silampukau, Payung Teduh, hingga Slank.

Kabarnya, “Dari Jauh” akan menjadi salah satu lagu yang termuat pada bakal album kedua Christabel Annora yang rencananya dirilis tahun ini juga. Ia sempat membocorkan rencana ke depannya, “Sudah ada stok tiga lagu yang direkam kemarin. Masih mau mau lanjut nulis lagu lagi nanti…”

Saat ini, singel “Dari Jauh” sudah tersedia pada layanan musik digital seperti Spotify, iTunes, dan Apple Music. Dalam waktu dekat, juga akan dirilis versi video liriknya melalui kanal YouTube. Lagu ini sementara bisa jadi pengobat rindu bagi setiap penggemar Christabel Annora di mana pun. Ya, sembari menunggu perempuan tersebut untuk pulang ke tanah air dan kembali melakoni takdir bermusiknya di sini.

Ketika rindu menggegar
Tak perlu kau gusar
Kau memang pergi ‘tuk pulang
Sudah semestinya, kau remang mengerang
berperang rasa
Namun tak henti melangkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.