Doddy Katamsi Sang Legenda Musik Rock Indonesia

0
1694
Doddy Katamsi Sang Legenda Musik Rock Indonesia (gemusik/suga)

Gemusik News – Nama Doddy Katamsi di balantika musik Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Mantan vokalis grup band legendaris, Elpamas, itu kini sedang merancang dua proyek besar sebagai bentuk pengabdiannya kepada dunia musik, yakni membikin album ‘Progresif Rock’ serta menggelar konser dengan konsep yang benar-benar baru dan belum pernah digelar di Indonesia selama ini.

Ditemui Gemusik di salah satu cottage di Kota Malang, Doddy Katamsi, bercerita banyak hal mengenai kisah hidupnya selama aktif di dunia musik. Mulai memetik gitar sejak usia dua tahun dan berani tampil di panggung pada kelas 4 Sekolah Dasar (SD), merupakan awal ia berkenalan dengan dunia musik. “Kebetulan ayah saya suka lagu-lagu Beatless dan sejenisnya dan ibu saya juga suka musik klasik, tiap hari nada-nada itu terngiang di kepala saya sehari-hari. Bahkan sejak masih kecil otak saya sudah ‘teracuni’ bunyi musik seperti itu,” Kata Doddy, Minggu (4/12/2016).

Musisi beraliran rock itu semasa kecil hingga masa mudanya terus bergelut di dunia musik. Saat lawatannya ke Yogyakarta, Doddy Katamsi benar-benar belajar hal baru tentang musik rock, ia mulai kenalan dengan band-band rock dari tanah air dan juga luar negeri. Di Kota pelajar itulah, referensi Doddy akan musik kian bertambah dan menambah pengetahuannya dalam bermusik. “Yogyakarta adalah kota yang sangat berpengaruh dalam hidup saya, karena dari situlah saya banyak dikenalkan dengan band-band rock,” ungkapnya.

Keseriusannya menjelajahi dunia musik akhirnya sampai membawa Doddy bertemu dengan Elpamas yang digawangi Totok Tewel, dkk. Dari titik inilah, Doddy benar-benar terus serius mengasah kemampuan bermusiknya, sehingga ia menjadi musisi yang dosegani di Indonesia saat ini. Bahkan, di Elpamas itulah, pelantun tembang ‘Cinta Berdarah’ itu nantinya mulai memboomingkan musik bergenre classic rock di beberapa cafe. Hal itu merupakan momen sejarah karena awalnya cafe di Jakarta cenderung banyak yang menolak genre musik tersebut untuk dimainkan di tempatnya.

Perjalanan karir Doddy Katamsi semakin ‘liar’ manaklala ia bergabung dengan band ‘one feel’ yang merupakan grup musik pembuka bagi artis tenar pada masa tahun 1990-an. Manggung bareng dengan nama-nama beken kala itu seperti Nike Ardilla, Bangkit Sanjaya, dan sebagainya, makin membuatnya serius dalam meningkatkan kemampuan bermusiknya. “Saya saat bergabung dengan One Feel benar-benar bisa keliling Indonesia, karena memang band ini merupakan band pembuka bagi penyanyi-penyanyi tenar, itulah pengalaman yang sangat berharga,” tukasnya.

Tak hanya itu, dipercaya gabung dengan band ‘elit’ Kantata Takwa yang berisi para pendekar dunia seni macam Setiyawan Jodhi, Iwan Fals, WS Rendra, Sawung Jabo hingga Yocki Surjoprajogo, makin membuat Doddy katamsi semakin mantap di dunia industri musik Indonesia. “Pengalaman dengan Kantata benar-benar menunjukkan bagaimana seharusnya band itu dibentuk, para personel dibayar di atas rata-rata bahkan hingga latihan saja dibayar membuat band benar-benar profesional dan lebih baik,” tuturnya.

Belajar dan belajar serta mengabdi pada dunia musik terus dilakukan sosok Doddy Katamsi, hingga akhrinya ia menjadi guru vokal beberapa artis ternama macam, Ariel Noah, Ari Lasso, Bams Samson, Indah Dewi Pertiwi, Roy Boomerang dan beberapa artis lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here