Drama di Balik Reuni The Smashing Pumpkins

Sang mantan bassist beberkan kisah di balik ketidakterlibatannya dalam reuni formasi klasik The Smashing Pumpkins.

0
86
reuni the smashing pumpkins
The Smashing Pumpkins dalam sesi pemotretan album Gish - Foto Dok. CoS.

GeMusik – Grup rock alternatif asal Amerika Serikat, The Smashing Pumpkins, memastikan kembali bersama dalam formasi orisinil dan menggarap materi baru bersama produser, Rick Rubin. Awal kabar reuni ini terendus ketika pertengahan bulan Januari lalu, melalui akun Instagram-nya, frontman Billy Corgan mengunggah foto di studio rekaman bersama dua personil The Smashing Pumpkins – gitaris James Iha dan drummer Jimmy Chamberlain.

Baca juga: Sinyal Reuni The Smashing Pumpkins Versi Orisinil

Tentu saja kabar reuni ini disambut gembira oleh para penggemar The Smashing Pumpkins di seluruh dunia. Tidak lama kemudian sesi foto reuni The Smashing Pumpkins di Los Angeles beredar – yang di dalamnya menampakkan formasi Billy Corgan, James Iha, Jimmy Chamberlain, dan Jeff Schroeder, gitaris yang baru bergabung pada tahun 2008.

Hal itu tentu menimbulkan tanda tanya besar, ke mana sang bassist D’Arcy Wretzky?

Akhirnya D’Arcy Wretzky muncul dan menyatakan kekecewaan sekaligus permintaan maafnya kepada fans, karena tidak bisa hadir dalam reuni The Smashing Pumpkins.

“Saya mohon maaf kepada semua penggemar Smashing Pumpkins di luar sana yang sangat antusias dengan tur reuni yang akan datang ini dari anggota band yang asli. Saya tahu ini adalah kekecewaan besar bagi saya juga, tapi [reuni] itu tidak akan terjadi [bersama saya],” tulis D’Archy Wretzky melalui pesan singkat kepada BlastEcho.

Dalam pesan yang sama, D’Arcy juga mengungkapkan jika ketidakterlibatan dirinya dengan reuni The Smashing Pumpkins baru saja diketahuinya, “Saya baru saja menemukan kemarin bahwa band ini telah memutuskan untuk [reuni] bersama pemain bass yang berbeda.”

Sebulan setelahnya, D’Arcy kembali muncul menceritakan secara detil yang sedang terjadi dan juga membeberkan rekaman pesan singkat antar dirinya dan Billy Corgan.

D’arcy mengatakan bahwa awalnya dirinya dijadwalkan akan merekam satu lagu baru dengan Rick Rubin bersama semua anggota asli pada bulan Januari 2018. Namun tanpa sepengetahuannya, rencana tersebut berubah. D’arcy hanya mengetahui tentang sesi rekaman The Smashing Pumpkins lewat Instagram yang diunggah Billy Corgan secara masif.

Meski demikian, D’arcy mengungkapkan jika Billy Corgan sempat mengirim pesan singkat kepadanya yang berisi pemberitahuan meski sejauh ini D’Arcy tidak terlibat dalam studio rekaman, namun dirinya tetap berada pada band dan akan dilibatkan dalam tur.

“Jadi fokuslah pada tur dan saya pikir kami dapat menemukan cara yang tepat untuk melibatkan kamu. Saya telah berbicara dengan Jimmy, dia ingin kamu terlibat sehingga tur adalah hal terbaik yang bisa kita berikan kepada para penggemar dan buat untuk masa depan,” beber D’Arcy soal pesan singkat yang dikirimkan Billy Corgan.

Menurut D’arcy, mereka berdua sering berbicara tentang keinginan reuni dan ingin melakukannya dengan santai. Corgan juga mengirim pesan singkat kepada D’Arcy bahwa band tersebut hanya akan merekam satu lagu saja dan pergi tur di musim panas. Corgan memberinya tawaran untuk bergabung dengan band, kemudian membatalkannya. Belakangan, Corgan mengungkapkan bahwa mereka telah merekam 26 lagu bersama. Itu membuat D’arcy naik pitam terhadap Billy Corgan dan juga personil lainnya.

Setelah D’Arcy melayangkan berbagai pengakuan, melalui situs resminya, The Smashing Pumpkins meluncurkan jam hitung mundur yang berakhir pada tanggal 15 Februari 2018. Berakhirnya hitungan mundur itu kabarnya bakal menandai momen resmi reuni The Smashing Pumpkins berupa jadwal tur dan infformasi peluncuran materi musik baru mereka.

The Smashing Pumpkins juga mengeluarkan pernyataan resmi menanggapi komentar dan pengakuan yang dilemparkan D’ Arcy Wretzky: “In reuniting The Smashing Pumpkins, the band’s dedication remains to its fans and its music. To that, James Iha, Jimmy Chamberlin, and William Corgan haven’t played a show with D’arcy Wretzky for over 18 years. But it’s not for a lack of trying. For despite reports, Ms. Wretzky has repeatedly been invited out to play with the group, participate in demo sessions, or at the very least, meet face-to-face, and in each and every instance she always deferred. We wish her all the best, and look forward to reconnecting with you all very soon.”

D’Arcy Wretzky merupakan bassist The Smashing Pumpkins formasi awal yang pernah terlibat dalam lima album awal – Gish (1991), Siamese Dream (1993), Mellon Collie and the Infinite Sadness (1995), Adore (1998), dan Machina / The Machines of God (2000). Selain jadi pembetot bass, D’Arcy juga berkontribusi menjadi vokal latar pada beberapa lagu seperti “Daydream”, “1979”, “Farewell and Goodnight” dan masih banyak lainnya.

Drama reuni The Smashing Pumpkins ini makin memanas. Banyak fans yang beranggapan jika ketidakhadiran D’Arcy Wretzky dalam reuni The Smashing Pumpkins akan menjadi suatu kehilangan yang besar terlebih dari sisi musikal. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.