Ge-Playlist: Brigade 07, The Panturas, Elephant Kind, Juice WRLD, dll.

Kumpulan musik pilihan mulai dari Brigade 07, Elephant Kind, Juice WRLD, Tuhkastura, hingga Judas Priest.

0
37

Kumpulan lagu dan album serta video musik pilihan yang jadi favorit redaksi GeMusik. Inilah musik-musik yang kami konsumsi dalam rotasi tinggi dan mengalun keras selama sepekan terakhir di kantor GeMusik.

Coba nikmati di sini. Buru album dan rekaman fisiknya jika ada. Siapa tahu selera kita sama. Here we go!

“Indonesian With Attitude” – Iwa K. 

Bahan bakar pembuatan lagu ini, menurut Iwa K, berawal dari “kegelisahan terhadap situasi yang perlahan tapi massive mencerabut sikap keberagaman yang [pernah] menjadi salah satu kearifan lokal dari tanah pertiwi.”

“Real Eyez Realise” – Eyesthetic

Konon di single ini Eyesthetic ingin bilang kalau hip hop itu tidak melulu soal diss track dan braggadocio semata. Judul “Real Eyez Realise” sendiri katanya terinspirasi dari quote Tupac Shakur, “Real Eyes Realize Real Lies” – yang merujuk pada awareness akan kebenaran di antara tumpukan informasi hoax yang membanjiri aneka jenis media hari ini.

“Grace” – Brigade 07

Mengangkat konsep point of view, Brigade 07 berharap video ini mampu menggambarkan cinta yang sederhana tapi sarat makna. Pada menit awal akan terdengar potongan intro dari single mereka sebelumnya, “Punk Love Story”. Lalu jika ditengok kembali, pada akhir video “Punk Love Story” ada potongan refrain dari “Grace”. Kedua video itu ternyata memang sengaja dibuat dalam bentuk sekuel.

“Rubber Song” – Sore feat. Vira Talisa

Sore baru melepas single anyar dengan menggandeng biduan pop Vira Talisa. Dibanding beberapa karya terakhir Sore, kami rasa lagu ini justru lebih segar dan menarik. Videonya pun dieksekusi dengan baik, lapar, dan penuh kesenangan.

“Jiwa Bahagia” – Tani Maju feat. Monohero

Kami percaya, mendengarkan lagu dan video “Jiwa Bahagia” akan bikin mood anda lebih baik. Segala rasa cemas dan galau mungkin menjadi tak penting lagi. Resapi musik dan liriknya, maka anda akan mulai tersenyum dan sadar kalau menjadi bahagia itu adalah sesuatu hal yang mudah.

“Amerta” – Phoneme

Single “Amerta” membawa pesan paradoksial soal mayoritas versus minoritas. Liriknya menceritakan bagaimana seharusnya perbedaan bisa berjalan bersama, tanpa diskriminasi atau memaksa suatu kaum untuk ‘sama’ dengan kaum mereka.

“Sour” – Elephant Kind

Band ini memang jarang gagal jika mengeksekusi konsep video musiknya. Atau malah memang tidak pernah buruk?!

“Queen of the South” – The Panturas 

Ya, mungkin cuma band ini yang nekat cari jodoh sekaligus rilis single lewat Tinder. Trik yang menarik, boleh dicoba. 

Sal Priadi live at Shoebox #39

Sudah lama kami mengamati langkah penyanyi pria asal Malang ini. Penulisan lagunya bagus, live-nya pun menarik. Dengan treatment yang benar, kami masih percaya dia bisa jadi the next big thing di kancah musik pop independen.

“Sapa Mentari” – Grimwolf

Redaksi kami baru mendapatkan lagu ini langsung dari personelnya. Belakangan kami ketahui ada dua personel Pickwolf di sini. Memang masih baru dan belum pernah manggung sama sekali. Tapi musiknya menarik kalau anda suka heavy rock ala Seringai dan sebangsanya.

“Exist In Harmony At The Center of The Universe” – Tuhkastura

Kami kaget menemukan ada musik sejenis ini yang muncul dari ujung barat Jawa Timur, tepatnya di kota Ponorogo. Tuhkastura Digawangi oleh Amir dari Howlerness (Ponorogo) dan Fajar dari Imperforata (Madiun). Videonya pun apik. Selanjutnya, kami rasa perlu untuk mengawasi gerak band ini.

“Hate Yourself” – TV Girl

“Musiknya segar, tidak seperti band indie pada umumnya,” ujar salah seorang penulis kami. Band asal Los Angeles ini mendeskripsikan musiknya sebagai indie pop dan sesuatu yang “you can sing along to, but wouldn’t sing around your parents.”

“Lucid Dreams” – Juice WRLD

Rapper 19 tahun asal Chicago ini mengaku menulis lagu ini sebagai sesi terapi untuk hubungan cinta yang kandas. Pertama kali diedarkan dalam bentuk mixtape di Soundcloud, setahun lalu. Lagu yang dipenuhi sample “Shape of My Heart”-nya Sting ini kemudian jadi sleeper hit dan merajai chart di mana-mana. A classic break-ups song.

“Lightning Strike” – Judas Priest

Kami punya alasan yang bagus kenapa belakangan suka memutar lagu-lagu favorit milik Judas Priest. Jawabannya ada di Jakarta, 7 Desember 2018

Sepekan ini, kami juga banyak mendengarkan lagu-lagu apik dari Anomalyst, Polka Wars, Rex Orange County, Daughters, Sleep, hingga God Bless.

Kumpulan playlist favorit redaksi GeMusik yang lebih komplit bisa dicek dan didengarkan melalui kanal Spotify kami – yang selalu diperbarui nyaris setiap hari.