Kras
Formasi KRAS (kiri ke kanan): Eq (dram), Eben (gitar), Bobby (vokal/bass) dan Brio (gitar). (Sumber: Dok. KRAS)

GeMusik – Tidak puas hanya merilis dua buah album mini: Patriam Fur (2015) dan Heavy Metal Punk Machine (2017), pasukan heavy metal asal Jakarta Selatan, KRAS, kembali mendekam di dalam studio untuk menggarap album penuh perdananya. Sebagai pemanasan, band yang diawaki oleh Bobby (vokal/bass), Eben (gitar), Brio (gitar), dan Eq (dram) ini meluncurkan video musik dari single pertamanya, “One Shot One Kill” via channel YouTube resmi sejak September 2017 kemarin.

“One Shot One Kill”, bertema kebahagiaan para personel KRAS saat tampil di hadapan teman-teman sejiwa mereka, juga gambaran anak band yang berlatih di garasi, melakukan rekaman, berharap mendapatkan deal dengan label rekaman dan meraih sukses. Lokasi pengambilan gambarnya dilakukan di sebuah rumah milik kerabat Bobby di kawasan Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Adi Wirantoko, didaulat KRAS sebagai sutradara video musik ini setelah sebelumnya ia pernah menyutradarai video musik “Jerusalem” (John Paul Ivan) dan “Andai Kau Bisa” (Muhammad Ruri). Proses pengambilan gambarnya berlangsung selama setengah hari, sementara editingnya memakan waktu dua pekan.

“Kami suka dengan beberapa karya visual Adi, baik itu foto maupun video. Ketertarikan kami timbul ketika menonton cuplikan video dokumenter DeadSquad di Instagram yang merupakan karya dia. Jujur saja, Adi mengakui kepada kami bahwa ia sama sekali belum pernah menggarap video klip band full sebelumnya. Karena itu, suatu kehormatan bagi kami menjadi band pertama yang menjadi garapannya,” ujar Eben kepada GeMusik.

Baca Juga: Kenapa Andyan Gorust Mundur dari Deadsquad

Konsep video musik “One Shot One Kill” sangat sederhana. Hanya berupa penampilan KRAS di dalam garasi (garage band) yang idenya terpantik dari celotehan Eben dan Bobby yang lantas digelembungkan oleh Adi hingga tercipta sebuah gagasan untuk menonjolkan nuansa oldschool thrash metal era 90-an. “Di sesi post-production, gue nggak menambahkan efek apapun. Main cutting-cutting aja,” jelas Adi.

Eben mangaku puas dengan hasil akhir video musik garapan fotografer resmi DeadSquad dan Andra and the Backbone ini. Karena visualisasi yang ditampilkan klop dengan tema lirik yang disampaikan oleh KRAS. “Meskipun di situ tidak ada crowd, tapi KRAS tetap semangat dan enerjik, karena ingin membagikan chemistry dan energi kepada para penonton. Kami benar-benar hanya mengandalkan performa dan lagu kami secara total agar penonton merasa kick ass, fokus kepada kami dan materi lagu kami,” Eben menambahkan.

Dan yang tidak kalah penting, melalui video musik ini KRAS ingin memerkenalkan drummer baru mereka, Erlangga “Eq” yang sebelumnya pernah bergabung dengan band thrash metal Divine dan hanya muncul sebagai cameo di video klip KRAS sebelumnya, “In KRAS We Trust”.

Baca Juga: Simak Video Klip Unik dari Mastodon “Show Yourself”

“Lagu “One Shot One Kill” adalah pilihan tepat untuk memperkenalkan energi baru kami karena kami memberikan ruang kepada Eq untuk berkontribusi penuh menjadi partner gue dalam mengomposisi musik KRAS di album penuh kami ini,” tandas Eben.

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.