Guardians Of The Cassette

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengkoleksi kaset, sembari menjaga gairah yang tinggi akan musik. Lagipula, apa yang menarik dari menonton film Guardians Of The Galaxy kalau tidak ada tidak ada referensi musik dan kaset mixtape?!

0
178
cara merawat kaset
- Advertisement -

Sejak kecil Peter Quill tidak pernah jauh dari musik. Dalam kondisi apapun dan di manapun, telinganya selalu tenggelam bersama seperangkat headphone yang tersambung dengan Walkman. Di dalamnya memutarkan kaset berisikan kompilasi lagu-lagu pop medio ‘60-an hingga ‘80-an pemberian dari Ibunya.

Begitu juga yang terjadi di tahun 1988, ketika Peter dengan wajah sedih duduk termenung di luar ruangan rumah sakit dengan headphone yang terpasang pada kedua telinganya dan asyik mendengarkan kaset kompilasi lagu-lagu pop lawas.

Malam itu adalah detik-detik nafas terakhir Ibunya yang sedang terbaring sakit di atas ranjang rumah sakit.

Beberapa detik sebelum malaikat maut menjemput – atau beberapa menit sebelum pesawat alien mengajak paksa Peter Quill meninggalkan planet bumi – ibu Peter memberikan sebuah hadiah berupa kaset yang berisi kumpulan lagu-lagu pop favorit pilihannya.

Sampai kemudian Peter Quill – yang menyebut dirinya Star Lord – mulai beranjak dewasa hingga tergabung dalam komplotan penjaga galaksi bernama Guardians Of The Galaxy, kaset pemberian ibunya yang berjudul Awesome Mix Vol.1 itu masih terus setia menemaninya.

Kondisi kaset itu masih sehat dan prima. Ketika diputar, kaset kompilasi yang berisikan lagu-lagu dari Blue Swede “Hooked On a Feeling”, David Bowie “Moonage Daydream”, The Jackson “I Want You Back”, The Runaways “Cherry Bomb”, dan masih banyak lainnya itu masih terdengar bugar dan cemerlang.

Sayang selama ini Star Lord tidak pernah membeberkan resep bagaimana cara menjaga kondisi kaset yang berusia puluhan tahun itu isa terus menghasilkan suara sehat dan bugar. Tapi itu wajar, mengingat Peter Quill – bersama Rocket Racoon, Drax, Gamora dan Groot – agaknya terlalu sibuk dengan misi menjaga galaksi yang kita diami ini. Pantas kalau ia tidak memiliki waktu untuk memberikan tutorial cara merawat kaset pemberian ibunya itu.

Tapi anda tidak perlu khawatir. Karena kami yang akan memberitahukan ‘rahasia’ ini. Kami yakin hal-hal seperti ini juga dilakukan Peter Quill untuk merawat koleksi kaset Awesome Mixtape pemberian mendiang ibunya.

Berikut tips untuk merawat dan menjaga kaset kesayangan anda agar selalu tampil prima ketika diputar pada seperangkat tape player:

Beri Ruang Khusus Untuk Kasetmu

Agar kaset pita terus bekerja dengan baik dan bertahan lebih lama, Anda perlu menyimpannya di tempat dengan sirkulasi udara yang baik. Biasanya dengan suhu di bawah 70˚F (21˚C). Hindari juga suhu di bawah titik beku. Jauhkan koleksi kaset dari lingkungan yang basah, berdebu, atau lembab. Dianjurkan pula untuk tidak mengoperasikan atau menyimpan kaset di dekat medan magnet yang tinggi atau punya getaran tinggi.

Bersihkan Dari Jamur

Ternyata tidak hanya manusia saja yang bisa njamur (berjamur) akibat terlalu lama menunggu. Kaset pita juga demikian. Kaset yang didiamkan menunggu terlalu lama untuk diputar dapat mengakibatkan kondisi kemasan dan pita yang berjamur. Jika sudah demikian, biasanya ketika diputar hasil suaranya akan tenggelam atau mendhem. Nah, jika sudah demikian maka yang perlu anda lakukan adalah;

Pertama, bersihkan terlebih dahulu kemasan kaset yang lusuh. Atau ganti dengan yang baru (jika memang perlu).

Kedua, Bila jamur telah menjalar ke pita kaset, maka kalian perlu sedikit meluangkan waktu untuk mengatasinya. Ada beberapa cara untuk menyelesaikan masalah ini. Coba tempelkan tisu basah dengan alkohol secukupnya pada bagian tengah pita kaset kemudian putar bolak-balik mulai dari Side-A hingga Side-B, lalu kembali lagi hingga jamurnya lenyap. Jika anda termasuk orang yang hemat listrik dan suka berolahraga lengan, maka anda bisa menggunakan alat pemutar manual – bahkan bisa pakai bolpoin.

Tapi tunggu dulu, ternyata tidak semua jenis pita kaset dapat diperlakukan seperti cara Kedua tadi. Sangat riskan untuk kaset bermerek BASF atau pita kaset produksi Indonesia keluaran lama. Untuk jenis kaset ini coba hindari cairan alkohol jika ingin pita anda selamat. Tapi jika jenis pita kasetmu keluaran Maxell, maka cara Kedua bolehlah dicoba. Biasanya kaset yang menggunakan pita jenis Maxell itu di antaranya rilisan YESS, Monalisa dan Rockline. Uhm, tapi tidak musti juga, tolong anda teliti lagi.

Mengatasi Suara Tenggelam atau Mendem

Suara tenggelam atau mendhem ternyata tidak selalu diakibatkan karena jamur. Tapi bisa juga karena busa di pita kaset yang mengeras atau tertutup kotoran yang jatuh dari pita kaset. Anda bisa membersihkannya dengan cotton bud (pembersih telinga) yang telah direndam alkohol, lalu gosokkan pada busa tersebut secara perlahan. Nah, biasanya jika di antara anda sering membeli kaset bekas, pasti pernah menemukan sedikit potongan tisu di antara pita dan busa kan?!

Ternyata itu bukan karena sang penjual ingin membohongi anda. Itu adalah tahap tindak lanjut setelah sesi pembersihan busa. Tujuannya agar kotoran dari pita tidak langsung menempel ke busa, melainkan langsung menempel pada tisu tersebut.

Memuluskan Suara Bergelombang dan Putaran Kaset

Ombak pantai memang indah dipandang, tapi tidak dengan suara kaset ketika diputar. Jika suara sudah mengayun dan bergelombang, maka itu pertanda kaset kalian berat saat berputar. Jangan karena anda mencintai pantai lalu hal tersebut dibiarkan begitu saja. Karena hal tersebut dapat menyebabkan pita tersangkut atau kusut.

Suara bergelombang biasanya disebabkan karena kaset terlalu sering di-rewind dan forward. Tapi bisa juga karena pita terlalu panas karena terlalu lama diputar pada perangkat tape player. Jika demikan, mengatasinya bisa dengan cara klasik: kaset ditepuk-tepuk beberapa kali pada telapak tangan bak baru terima gaji pertama.

Namun, jika anda salah satu orang yang tidak percaya dengan hal-hal klasik, maka coba buka kaset anda lalu ambil plastik berbentuk kaset di dalamnya. Kemudian putar kaset itu berulang kali, on repeat. Jika putarannya sudah kembali normal, masukkan kembali plastik tersebut. Oh iya, abaikan rekomendasi memasukkan kaset ke dalam freezer untuk mengatasi hal seperti ini. Karena kabarnya itu hanya mitos belaka. Ha!

Selain tips-tips di atas, anda juga perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  • Hindari memutar ulang lagu yang sama berkali-kali. Biarkan kaset berputar mulai dari awal hingga habis. Biasakanlah mendengarkan album secara keseluruhan. Karena siapa sangka ada kejutan-kejutan yang anda lewatkan begitu saja.

  • Jangan sekali-kali membersihkan badan kaset atau sampul dengan alkohol, karena itu bisa merusak kualitas tulisan atau bahkan hilang selamanya.

  • Hindari menyimpan kaset dalam kondisi setengah habis, atau masih terdapat pita hitamnya di kedua sisi. Pastikan kaset selalu tersimpan di kotaknya dalam kondisi habis (pita putih) untuk menghindari perubahan kualitas suara kaset.

  • Jangan membiasakan menyimpan kaset di dalam tape, atau setelah memutar kemudian ditinggal di dalam tape player. Sebab, head adalah medan magnet yang bisa bikin pita kaset mengalami perubahan suara naik-turun. Setelah memutar dan mendengarkan kaset secara seksama serta hingga usai, keluarkan segera kaset tersebut lalu masukkan kembali pada kotaknya, dan simpan di rak koleksi dengan aman.

Gimana? Cukup ribet? Tampak susah?

Terlalu banyak memakan waktu dan tenaga?!

Perlu diingat, konon katanya cinta yang awet dan bertahan lama biasanya didapat setelah kita melewati prroses itu semua. Bukankah prosesnya itu yang membuat cinta kita lebih, uhm, greget?!

Yups, merawat warisan rilisan fisik seperti kaset sama pentingnya dengan menjaga galaksi. Tentu saja galaksi kita dengan Star Lord itu berbeda. Galaksi yang dijaga oleh Star Lord dkk meliputi seluruh planet dan komponen-kompenennya. Sedangkan “Galaksi” kita – para pencinta musik – adalah scene, komunitas, dan semua komponen serta ekosistem yang berhubungan dengan keberlangsungan musik. Lagipula, terbentuknya segala komponen dan ekosistem kancah musik itu tidak bisa lepas dari peran medium kaset.

Percayalah, mungkin Guardians Of The Galaxy tidak akan sesukses sekarang tanpa diimbangi dengan kehadiran musik, atau tanpa mengetahui cara merawat dan menjaga kondisi sekeping kaset.

Selamat menjadi Guardians Of The Cassette.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.