Guru Vokal Artis Ternama, dari Ariel Noah hingga Ari Lasso

1
1178
Guru Vokal Artis Ternama, dari Ariel Noah hingga Ari Lasso (gemusik/suga)

Gemusik News – Menjadi guru vokal bukanlah hal yang mudah. Apalagi, jika para muridnya merupakan artis ternama yang sudah tenar di masyarakat, tentunya membutuhkan skill, pengalaman serta ilmu yang lebih untuk ditularkan kepada para anak didik. Hal itulah yang sempat dialami masetro musik rock Indonesia, Doddy Katamsi. Bams Samson, Ariel Noah, Indah Dewi Pertiwi (IDP), Roy Boomerang hingga Ari Lasso, sudah merasakan tangan dingin mantan personel band ternama, Elpamas, tersebut.

Ditemui Gemusik di salah satu cottage di kawasan Kota Malang, pria ramah ini memnceritakan seluk beluk perihal pengalamannya menjadi guru vokal. Bagi dia, memberi arahan tanpa menggurui dan dengan gaya bahasa yang santun dan style yang agak slow, membuat semua pelajaran vokal mampu diterima dengan baik para anak didiknya. “pada intinya ketika kita menyampaikan sesuatu kepada murid harus dengan cara yang baik, agar dapat diterima dan ilmunya juga bermanfaat,” Kata Doddy Katamsi.

Awal mula ia berkenalan dengan dunia coaching vokal saat ia dipercaya Bams vokalis samson yang memang spesial berguru vokal pada dirinya. Prestasi Band Samson yang luar biasa pada sekitar tahun 2003 membuat sang vokalis Bams juga terkerek namanya ke dunia musik Indonesia. Hal itu yang memantik sejumlah artis lain untuk mengorek siapa sang ‘guru’ di balik kesuksesan Bams, sehingga nama Doddy katamsi mulai diperhitungkan di kalangan artis lainnya. “Gara-gara si Bams itu dia sukses dengan band Samson, lalu banyak yang tanya ke dia dan akhirnya saya mulai dihubungi beberapa vokalis,” ujarnya.

Nama mantan vokalis Dewa 19, Ari Lasso, juga pernah merasakan kehebatan Doddy Katamsi. Ia bercerita asal mula Ari Lasso meminta menjadikannya guru vokal manakala pelantun lagu ‘Rahasia Perempuan’ itu sedang mengalami masalah pada tenggorokannya sehingga ia kehilangan nada tinggi yang menjadi ciri khas Lasso. Berkat tangan dingin Doddy, Ari Lasso yang saat itu mulai bersolo karir menemukan kembali suara emasnya dan sukses menghasilkan beberapa single yang meledak.

“Pada intinya saya sama dengan guru vokal yang lain, namun cara penyampaian materi saja yang berbeda,” tukasnya.

Cerita menarik kemudian, saat Doddy diminta salah satu label untuk memberi latihan vokal pada salah satu artis baru yang benar-benar masih nol dalam dalam hal bernyanyi. Sempat membuat Doddy bingung, namun dengan keswabaran dan dedikasinya yang tinggi dalam dunia ,musik Indonesia, ia dengan sabar dan ‘telaten’ menjadi guru dan akhirnya sang penyanyi yang tidak disebutkan namanya itu sukses mengeluarkan albumnya. “Saya sudah menemukan metode bagaimana orang dari yang awalnya nol tidak bisa bernyanyi, bisa memiliki skill itu,” bebernya.

Apa yang disampaikan pelantun lagu ‘Kawin Lagi’ itu bukanlah isapan jempol semata, pada beberapa momen, ia juga sempat menantang orang yang tidak bisa bernyanyi lalu diajari beberapa teknik dan akhirnya bisa memiliki skill bernyanyi yang bagus. “Bahkan, salah seorang penulis buku Chandra Malik yang awalnya memang tidak bisa nyanyi sama sekali saya kasih coaching akhirnya punya single juga,” tukasnya.

Tidak hanya tersohor di Indonesia, murid vokal Doddy katamsi rupanya juga datang dari negeri seberang, macam Amerika, Eropa hingga Australia. Mereka tahu Doddy seorang guru vokal saat membaca beberapa artikel di internet. :Lebih dari itu ternyata mereka yang dari luar negeri juga kaget sebab murid Doddy bukanlah artis yang baru melainkan ada juga artis yang sudah tenar sebelumnya.

Pengalaman demi pengalaman di berbagai perjalanan karirnya di dunia musik tidak menyurutkan minat Doddy untuk berhenti menimba ilmu. Ia justru jauh dari kata ‘Malas’ belajar sesuatu hal yang baru, karena ia sangat sadar dalam dunia musik juga ada perkembangan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan tahun 1980-an atau 1990-an. “Saya tidak ingin ketika saya mengajar ternyata murid saya lebih tahu daripada saya, sehingga itu adalah tantangan dan konsekuensinya saya harus terus belajar dan belajar,” kata Doddy.

Pengabdian dan dedikasi Doddy Katamsi di dunia musik patut diapresiasi oleh musisi muda tanah air. Pasalnya, melalui kerja keras dan mau belajar serta tidak larut dalam budaya instan membuat ia bisa menjadi legenda musik rock yang masih eksis hingga saat ini. Bahkan, di usianya yang tak lagi belia, Doddy Katamsi, masih ingin membuat album baru bergenre ‘Progresive Rock’ sebuah genre yang selama ini masih belum digali lebih para musisi di Indonesia.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.