GeMusik News – Acara klinik gitar bertajuk “Spirit of Life” sukses digelar tadi malam di God Bless café, jalan A. yani no. 9 Blimbing Malang. Menampilkan beberapa gitaris yang tergabung dalam Malang Guitar Community, diantaranya ada Saddam Natanegara (gitaris Breath of Dispair), Robby Freakenstein (gitaris Glyph), Wahyu Harius (gitar solo), penampilan cadas dari Black Stallion band, dan special performance oleh Onie Joe. Masing-masing gitaris memperkenalkan profilnya, serta memberikan beberapa edukasi seputar teknis dan alat yang digunakan. Tidak ketinggalan juga tips dari Onie Joe, “Bermainlah selepas mungkin, bermainlah dengan jujur, bermainlah seasik mungkin, bila perlu gunakan bahasa tubuhmu untuk menyampaikan isi lagu yang kau mainkan”. Tidak banyak hal teknis yang disampaikan oleh Onie Joe, dia berujar bahwa “Kalau ngomongin skill serta teknologi, gitaris-gitaris di Malang sudah pada jago semua, peralatannya sudah bisa dibilang “wah” semua.

Tiga lagu dibawakan Onie Joe, dua lagu ciptaannya, salah satunya berjudul “Spirit of Life”, serta satu lagu cover dari Joe Satriani. Dilanjutkan dengan jamming session dimana seluruh gitaris yang sebelumnya sudah tampil diajak untuk bermain bersama. Ditengah jamming session tersebut tiba-tiba Onie Joe memanggil keatas panggung, seorang tokoh KPJ (Kelompok Penyanyi Jalanan) yang bermarkas di Wapres Bulungan Jakarta Selatan ini juga hadir dalam acara tersebut, sam Anto Baret. Dalam kesempatan tersebut beliau berpesan “Dari gabungan unsur bunyi itu ada ritme, yang paling penting dalam hal ini bukanlah skill, tapi bagaimana caranya agar bisa tercipta sebuah harmoni”. Pesan singkat yang begitu dalam, menutup acara malam itu.

Kehadiran Anto Baret memberikan semangat, Pic. by Zuga
Seluruh pengisi acara klinik gitar bersama Onie Joe, Pic. by Zuga

Onie Joe, sosok seorang gitaris yang begitu low profile, tak banyak memang yang mengulas tentang perjalanannya didunia musik selama ini, namun dibalik itu banyak karya-karya besar yang lahir dari tangan Onie Joe, karena selain sebagai seorang gitaris, Onie Joe aktif sebagai pencipta lagu, musisi etnik dan juga produser. Banyak membantu sebagai additional gitaris musisi-musisi besar seperti Iwan Fals, Anto Baret, Eros Djarot, Oppie Andaresta dan masih banyak lagi yang lain. Mengawali karir bermusik di kota Malang Jawa Timur dengan band Apache, band tersebut mulai vakum karena kesibukan masing-masing personilnya, akhirnya Onie Joe memutuskan hijrah ke Jakarta pada tahun 1999, yang kebetulan ada tawaran untuk bergabung dengan salah satu kelompok musik bergenre progressive rock, Semesta band, hidup berpindah-pindah sampai akhirnya menetap di Jakarta pada tahun 2000. Rencananya tahun ini Onie Joe akan menyelesaikan project mini album solonya yang berisi enam lagu.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.