Kelas Jurnalisme Musik di Bandung Telah Dibuka!

Workshop penulisan musik ini bakal diadakan pada bulan April – Mei 2018 di kota kembang, dengan menyajikan sepaket materi dan narasumber yang berbobot.

0
47
Source: Majoriginmusic.com.

Most rock journalism is people who can’t write, interviewing people who can’t talk, for people who can’t read.” – Frank Zappa.

Posisi penulis musik berada di antara kreator (komposer), pemusik, dan publiknya. Kedudukannya sangat sentral dan penting, karena ia menjadi penyambung atau penerjemah karya musik pada apresiator.

Sebagai profesi, penulis musik saat ini cukup langka peminatnya. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kurangnya informasi tentang bagaimana menulis musik itu. Namun satu hal yang pasti, pada masa sekarang ini, penulis musik kian dibutuhkan seiring dengan makin bertambahnya jumlah grup musik, pemusik, dan karyanya.

Anak-anak muda Bandung yang punya kepedulian akan perkembangan jurnalisme musik bakal mengadakan Workshop Penulisan Musik yang terbuka untuk umum. Kelasnya akan dibuka setiap hari Jumat, mulai tanggal 20 April hingga Mei 2018, bertempat di Jendela Ide Sabuga, Bandung.

Workshop penulisan musik ini akan memberikan bimbingan bagaimana menulis musik yang baik dan mudah dipahami. Sejumlah materi akan diberikan oleh praktisi jurnalisme musik yang cukup berpengalaman, seperti Syarif Maulana, Djaelani, dan Idhar Resmadi. Workshop semacam ini tentunya sangat bermanfaat bagi mahasiswa musik, jurnalis, komunitas musik, dan masyarakat pada umumnya.

Materi Workshop Penulisan Musik:

1. Literasi Musik: Suatu Pengantar

2. Dasar-Dasar Penulisan

3. Terminologi Musik

4. Apresiasi Musik

5. Metode Penulisan Kritik

6. Kapita Selekta Literasi Musik

7. Riset Musik

8. Literasi Musik di Era Digital

9. Presentasi Tulisan

Syarat Peserta:

1. Terbuka untuk umum dan punya minat terhadap penulisan musik.

2. Membayar biaya workshop sebesar Rp.300.000.

3. Menghadiri pertemuan sekurang-kurangnya 75% untuk mendapatkan sertifikat.

4. Menghubungi sekretariat untuk pendaftaran melalui kontak ke 081809135253 atau langsung ke Jendela Ide Sabuga, Jalan Tamansari 73, Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.