Keseimbangan Hidup Mocca

Mocca bicara soal nasionalisme dan perbedaan yang indah lewat single “Aku dan Kamu”.

0
7
Foto dok. Mocca Management.

GeMusik – Dalam racikan musik indiepop yang santai, Mocca kali ini berbicara tentang nasionalisme. Berat? Tentu tidak. Pemilihan kata yang ditulis kontradiktif bagai yin dan yang dalam hidup.

Lagu berjudul “Aku dan Kamu” menjadi single kedua Mocca, diambil dari album Lima (2018). Sebelumnya, album tersebut sempat melahirkan debut single “Teman Sejati”.

Memasuki usia 20 tahun, Mocca masih solid dalam formasi Arina Ephipania (vokal), Riko Prayitno (gitar), Indra Massad (drum), dan Achmad Pratama (bas). Selang satu tahun dari perilisan “Teman Sejati”, Mocca kembali dengan “Aku dan Kamu”. Kebetulan, single ini dirilis tepat satu tahun setelah “Teman Sejati” menyapa para Swinging Friends.

Melalui rilisan pers-nya, gitaris Riko mengungkapkan kalau lagu “Aku dan Kamu” menjadi bentuk silaturahmi Mocca dengan pedengar. Pasalnya, jarak antara single pertama dan kedua ini memang cukup jauh. 

Single ‘Aku dan Kamu’ ini juga sebagai bentuk eksistensi kami. Kami ingin kembali memperkenalkan katalog di album Lima ini. Sekarang iklim musiknya beda, harus lebih aktif,” kata Riko.

Riko yang juga menulis lirik “Aku dan Kamu” menjelaskan, ide lagu itu berasal dari warna bendera Indonesia, merah dan putih. Menurut Riko, lewat lagu ini, Mocca ingin menunjukan kalau keberagaman dan perbedaan itu biasa dan indah. 


“Secara komposisi, personel Mocca juga beragam. Selera musik kami saja berbeda. Akan tetapi, kami bisa membuat sesuatu yang menyatukan kami. Perbedaan ini yang membuat kami bertahan selama hampir 20 tahun,” ungkap Riko.

Riko mengaku, saat menulis “Aku dan Kamu” dia memang ingin membuat lagu bertema nasionalisme tapi tidak eksplisit. Untuk itulah dia memilih sejumlah diksi yang bertolak belakang tapi saling melengkapi. 

Aku merah, kamu putih
Aku kanan, kamu kiri
Berjalan bersama meraih mimpi
Aku siang, kamu malam
Aku alfa, kamu omega
Bersama kita mengisi hari-hari…

Kendati bertema nasionalisme, Mocca tetap hadir dengan karakteristik musik mereka. Lirik yang bertutur, dan melodi yang mengayun membuat
“Aku dan Kamu” menguatkan ciri khas Mocca. 

“Lagu ‘Aku dan Kamu’ menjadi lagu pertama berbahasa Indonesia di album Lima yang selesai saya tulis. Setelah lagu ini, inspirasi menulis lagu lain dengan bahasa Indonesia mengalir lancar,” ujar Riko.

Mocca berharap, “Aku dan Kamu” bisa memberi pandangan tentang keseimbangan hidup. Dengan seimbang, kerukunan hidup bisa terjaga. Toh semua tercipta berpasangan bukan?

Video lirik “Aku dan Kamu” telah dirilis di kanal Youtube Mocca sejak tanggal 14 Februari 2019. Single ini juga dirilis dalam versi akustik pada 21 Februari 2019 di sejumlah platform musik digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.