Kidnap Katrina Comeback

Mengurangi unsur musik rock, kini tampil mengedepankan elemen dance dan funk

0
1273
Formasi Kidnap Katrina (kiri ke kanan): Koko (gitar), Damon (gitar), Anang (vokal), Massto (drum) dan Ghorga (bass)
Formasi Kidnap Katrina (kiri ke kanan): Koko (gitar), Damon (gitar), Anang (vokal), Massto (drum) dan Ghorga (bass) (Sumber: Instagram.com/cengcorangmerah)

GeMusik – Kidnap Katrina, band rock era awal 90-an yang ngehits dengan lagu “Biru” tengah bersiap mengakhiri masa vakum yang cukup panjang dengan melepas album rekaman. Sejauh ini proses penggarapannya sudah memasuki tahap akhir dengan cakupan empat lagu baru dan satu lagu lama. Namun demikian, band yang digawangi Anang (vokal), Damon (gitar),  Koko (gitar), Massto (drum), Ghorga (bass) dan almarhum  Teguh  (piano & kibord) ini belum bisa memastikan kapan album tersebut bakal dirilis.

“Mungkin berupa album mini (EP) kalau kekejar sebelum akhir tahun. Masih bergantung pada kesibukan personel. Kami belum bisa janji,” ungkap Damon kepada GeMusik.

Damon melanjutkan, hal yang melatarbelakangi berkumpulnya kembali  Kidnap Katrina didasari rasa rindu para personelnya setelah sekian lama berpisah dan berjalan dengan urusannya masing-masing. Untuk itu, sebagai ungkapan rasa kangen dan rasa hormat terhadap almarhum Teguh, mereka memutuskan untuk tetap menyertakan namanya dalam kredit album. “Teguh masih tetap bagian dari Kidnap.”

Dibandingkan dengan album sebelumnya, self-titled (1993) sound yang album mini ini tentu jauh lebih modern. Selain itu, barisan genre yang menetes di setiap jengkalnya juga jauh lebih nge-dance dan nge- funk .”Kami lebih siap menghadapi semua perbedaan, apapun itu kami coba saring dan tuangkan dalam ide-ide gila. Jadi, boleh dibilang sekarang kami lebih cool dan funky ketimbang nge-rock,” sambung Damon.

Selama menggarap album ini, Damon dkk juga mengaku tidak mengikat diri pada salah satu genre musik ataupun band. Mereka mendengarkan semua genre dan menyerap beberapa pengaruh yang dirasa cocok untuk ditempelkan ke dalam lagu “Lebih Dalam”, “Kesepian”, “Hush”, “Angan” dan versi anyar “Biru”.

“Kami mendengarkan semua jenis musik. Dari Enigma sampai Justin Bieber dan Justin Timberlake. Dan gue akui proses penggarapannya kali ini lebih rumit dibandingin dulu terutama masalah jadwal. Kalau ide, seperti biasa kami semua sumbang ide.”

Kidnap Katrina  memang tidak mewajibkan para pendengar musik untuk mendengarkan lagu-lagu mereka jika sudah dirilis nanti. Tapi, dengan barisan lirik yang berkisah tentang cinta, kegelisahan dan harapan,  Damon memberi pesan khusus di akhir pernyataanya. “Tidak wajib, tapi akan terasa seperti ada yang hilang kalau tidak mendengarkan,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here