Kolaborasi Dua Generasi

Karir Java Jive, salah satu penguasa musik pop asal Bandung, belum punah. Ini buktinya.

1
91
Formasi Java Jive (dari kiri ke kanan): Noey (bass), Danny (vokal), Tonny (keyboard), Fatur (vokal), Capung (gitar), Edwin (drum). - Sumber: Dok. Java Jive.

GeMusik – Pada 9 Desember 2017 mereka merilis sebuah singel, judulnya “Dansa Yo Dansa” Bukan karya baru, melainkan daur ulang. Penggemar musik era ‘80-an pastilah ingat lagu itu merupakan hits kelompok brass band, New Rollies. Penciptanya adalah Titiek Puspa.

“Ini adalah penghormatan kami kepada Mbak Titiek Puspa yang tahun ini berulang tahun yang ke-80, kepada The Rollies [yang sebelumnya memopulerkan lagu ini] dan Mas Fariz RM sebagai idola masa SMA yang menginspirasi kami untuk berkarya,” ujar vokalis Java Jive, Dany Spreet, kepada GeMusik. Sekalian meluruskan, lagu ini dibawakan oleh New Rollies, bukan The Rollies, meski personilnya sama.

“Alhamdulilah sudah diberi izin untuk membawakan masterpiece-nya [Titiek Puspa]. Tapi [versi] ini lebih kekinian. ‘Dansa Yo Dansa’ nggak pernah lekang oleh waktu, masih tetap relevan dengan sekarang, dan kami ingin meneruskan ke generasi berikutnya,” sambungnya.

Seperti disebutkan di atas, dalam singel yang dipopulerkan oleh New Rollies di era ’80-an ini, Java Jive memang menggandeng Fariz RM yang pada tahun 2017 ini mendapat penghargaan Lifetime Achievement di ajang AMI Awards, Menurut Fatur – vokalis Java Jive lainnya – Fariz RM bukan hanya menunjukkan kepiawaiannya dalam bermain keyboard tetapi juga ikut bernyanyi.

“Di lagu ini Mas Fariz mengisi beberapa part vokal dan keyboard yang membuat musik Java Jive menjadi lebih berwarna dan lebih dahsyat. Dengan kolaborasi ini, lagu “Dansa Yo Dansa” menjadi sebuah lagu yang danceable, enak didengarkan sekaligus asyik dibawakan live-nya,” timpal Fatur.

Sepanjang 24 tahun perjalanan karirnya, band yang juga digawangi oleh Capung (gitar), Edwin Saleh (drum), Noey Jeje (bass) dan Tonny Ellyson (keyboard) ini telah merilis delapan album plus beberapa singel. Barisan lagu hits mereka di antaranya adalah “Kau Yang Terindah”, “Menikah”, “Gerangan Cinta”, “Permataku”, “Beri Kami Cinta” dan “Yang Aku Cinta”

Rencananya, tepat di usia mereka yang ke-25 pada tahun depan, Java Jive akan menindaklanjuti singel ini dengan sebuah konser dan album baru. “Road to 25, harus ada yang bisa dibanggakan. Mudah-mudahan ada album baru dan konser,” tutup Fatur.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.