GeMusik News – Cukup mudah menemukan benang merah antara grup musik, Efek Rumah Kaca, dan acara talkshow asuhan jurnalis Najwa Shihab, Mata Najwa. Mereka selama ini memang dikenal memiliki kepedulian yang sama terhadap isu-isu besar yang terjadi di Indonesia – mulai dari isu kemanusian, korupsi, toleransi, cita negeri hingga politik. Jadi, bukan hal yang mengejutkan sebuah kolaborasi terjalin di antara keduanya.

Seperti yang baru terjadi: mereka membuat lagu yang dikasih judul “Seperti Rahim Ibu”.

Najwa Shihab mengaku jika sudah sejak lama bercita-cita untuk memiliki lagu khusus untuk Mata Najwa yang cocok atau pas menguatkan pesan dari apa yang diusung oeh acara tersebut. Lagu “Seperti Rahim Ibu” adalah perwujudan dari keinginan itu.

Baca Juga: Efek Rumah Kaca Kenalkan Kios Ojo Keos

Saya inget banget sempet bilang nawarin ini dan kita memang dari dulu cita-cita punya original song dan pengen liriknya juga dari Catatan Najwa, jadi ada signifikansinya untuk Mata Najwa,” tutur Najwa Shihab.

Ternyata keinginan Najwa Shihab itu juga mencakup nama Efek Rumah Kaca untuk diajak kolaborasi sebagai pengaransemen musik.

Memang awalnya waktu itu pokoknya muncul kembali Mata Najwa setelah jeda maunya langsung dengan lagu baru Efek Rumah Kaca,” lanjutnya.

Lagu “Seperti Rahim Ibu” awalnya dikerjakan lewat jarak jauh mengingat waktu itu frontman Efek Rumah Kaca, Cholil, sedang berada di Amerika Serikat. Namun, jarak dan keterbatasan nyatanya tak menjadi kendala untuk merealisasikan lagu ini.

Baca Juga: Video of The Week: Efek Rumah Kaca untuk Novel #SebelahMata

Pertama kali mengirim materi kasarnya ketika itu cuma gitar aja, karena tidak punya alat rekam di sana untuk bisa bikin demo yang menunjang,” jelas Cholil. “Jadi cuma petikan [gitar] aja terus kirim ke Nana [panggilan Najwa Shihab].”

Barulah ketika Cholil pulang ke Indonesia, lagu ini mulai ‘dimasak’ dalam studio rekaman bersama personil Efek Rumah Kaca lainnya. Kehadiran personil Efek Rumah Kaca tentu berdampak pada aransemen musik lagu “Seperti Rahim Ibu” yang menurut Najwa Shihab mampu membuatnya terkejut dan terpukau.

Baca Juga: Efek Rumah Kaca Galang Dana Demi Menuju SXSW

Tentu bukan tanpa alasan mengapa Najwa Shihab mengajak kolaborasi Efek Rumah Kaca sebagai pengarensemen musik. Menurutnya sejak dulu lirik-lirik ciptaan Efek Rumah Kaca dirasa memiliki resonansi yang sama dengan apa yang selama ini disuarakan oleh Mata Najwa. Mulai dari kepedulian pada isu-isu anti korupsi, soal toleransi, soal cinta negeri, soal hak asasi manusia. Lirik-lirik itu yang selalu menjadi perhatian Mata Najwa dan diangkat dalam programnya di setiap pekan.

Jadi sebetulnya klop banget dan sebuah kebanggaan untuk Mata Najwa bisa dapet lagu dari Efek Rumah Kaca,” puji Najwa Shihab.

Najwa Shihab menjelaskan jika lewat lagu “Seperti Rahim Ibu” pesan utama yang ingin dirinya sampaikan adalah soal harapan: “…berada di kandungan ibu itu kan merawat kehidupan, bagaimana optimisme itu disemai.”

Selain itu, lewat lirik lagu ini Najwa Shihab juga menggambarkan, “Bagaimana kalo berada di rahim itu kan dimulai dari sel-sel yang kemudian menyatu yang tadinya rapuh menjadi kuat dan juga bicara soal kemanusian yang selalu menjadi pesan utama di Mata Najwa.”

Baca Juga: Efek Rumah Kaca, Stars & Rabbit dan Kimokal Siap Menuju Ke SXSW 2018

Tentu kolaborasi seperti ini dibutuhkan negeri yang sedang dirundung minimnya kepedulian akan toleransi dan isu kemanusian seperti sekarang ini. Tujuannya jelas, seperti yang sudah disampaikan lewat lirik lagu “Seperti Rahim Ibu”:

Merawat kehidupan, menguatkan yang rapuh

Menjadi terang pagi, menjelma rahim ibu…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.