Lagu Taruk yang Kobarkan Api

Unit punk/hc asal Bandung, Taruk, merilis single "Berapi-api" yang mengobarkan muak dan amarah.

0
9

GeMusik – Grup musik pengusung genre hardcore/punk asal Bandung, Taruk, merilis single perdana berjudul “Berapi-api”. Lagu ini sudah bisa didengarkan melalui saluran Soundcloud dan YouTube.

Single “Berapi-api”, menurut keterangan mereka, bercerita tentang amarah masyarakat biasa di negara berkembang, atas kehidupan yang begitu repetitif lewat kungkungan sistem nan menjemukan.

Roda-roda pergerakan dalam perputaran ini, yakni kita, akhirnya terlepas dan bergerak sendiri. Ia lantas berapi-api dan membakar siapapun yang tak segan menyentuhnya.

“Taruk sengaja membuat ‘Berapi-api’ demi melawan tekanan. Dalam hal ini rutinitas yang tak kian berhenti menghinggap di masing-masing kepala para personel. Kami muak sekaligus marah. Tetapi berkat lagu ini, saya pribadi dapat melewati tekanan dengan bijak tentunya,” kata vokalis Karel.

Sesuai dengan titel yang tersemat, tekanan itu nyatanya dapat diatasi dengan situasi apapun. “Berapi-api” banyak terpengaruh kobaran semangat dari grup macam DS-13, Dead Kennedys, hingga Tórsø.

Para personel Taruk. – Foto dok. Taruk.

“Dari suara vokal yang gelap, dari todongan gitar dan bass yang sangar serta dari pukulan drum yang liar, kami sengaja membuat lagu yang menggambarkan emosi dan kemarahan…” tambah sang drummer M. Matin Mahran a.k.a Adul.

Lebih lanjut, Matin menekankan bahwa ini adalah kemarahan yang begitu gamblang, tegas, tanpa tedeng aling-aling dan membuncah.

Single “Berapi-api” digarap sejak bulan Juni 2018 yang lalu, bersama dengan tiga lagu lainnya untuk materi EP yang akan dirilis dalam waktu dekat. Seluruh proses rekaman hingga mixing dan mastering dikerjakan oleh Irsyad Ali Sofi dari Teargas Lab, Bandung.

Taruk adalah Karel (vokal), Bobby Agung Prasetyo (gitar), Dimas Saputra (bass) dan Muhammad Matin Mahran (drum).

“Kemarahan ini begitu nyata, jadi jangan biarkan bara nan hitam itu padam, Kamerad. Berapi-api!”

Simak “Berapi-api” di sini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.