Langkah Murphy Radio Menuju Kanada

Trio instrumental math rock asal Samarinda berhasil memenangi ajang kompetisi musik Planetrox Indonesia 2018. Pencapaian Murphy Radio ini bagai sebuah penegasan bahwa sterotip band daerah susah berkembang itu sudah tak lagi relevan.

0
17
Foto Dok. Murphy Radio

GeMusik – Mini album berjudul Naftalena memang menjadi bukti jika musikalitas trio instrumental math rock asal Samarinda bernama Murphy Radio tidak bisa dikatakan biasa-biasa saja. Didukung pula dengan penampilannya – ketika mereka mampir ke kota Malang beberapa waktu silam – Murphy Radio memang sanggup menyuguhkan penampilan yang apik dan rapi.

Malam itu juga, saat penampilan Murphy Radio di Malang, satu keyakinan tumbuh: Jika mereka mampu konsisten berkarya dan bekerja lebih ekstra, bukan khayal kalau band ini bisa meraih apa yang mereka inginkan.

Perlahan namun pasti, keyakinan itu mengarah menuju kenyataan. Mulai dari hadirnya Naftalena dalam berbagai daftar album terbaik pilihan pendengar hingga pengamat musik nasional, masuknya Murphy Radio dalam 10 besar finalis Siasat Trafficking program yang diinisiasi oleh Siasat Partikelir, dan yang terbaru adalah mereka berhasil keluar sebagai pemenang Planetrox Indonesia 2018 melalui sesi audisi penampilan live.

Planetrox adalah kompetisi musik yang berlangsung di 10 negara seperti Kanada, Amerika Serikat, Perancis, Britania Raya, Jerman, Meksiko, Ceko/Slovakia, Jepang, Cina dan Indonesia. Nantinya, pemenang dari setiap negara akan berkesempatan untuk mewakili negara mereka masing-masing untuk tampil di festival musik Evol et Macadam yang diselenggarakan pada bulan September 2018 nanti di Kota Quebec, Kanada.

Meski demikian, ini barulah langkah awal. Masih ada beberapa tahap lagi yang harus dilewati Murphy Radio sebelum bisa menuju Kanada dan mencicipi panggung festival tersebut. Salah satunya musti terlebih dahulu terbang ke Jakarta dan kembali melakukan sesi audisi di mana sistem penilaiannya nanti terbagi; 75% dari juri (Ezra Simanjuntak, PJ Panjidan Simon Gaudry) dan 25% dari voting penonton.

Tentu saja kesempatan berharga ini tak ingin disia-siakan oleh Murphy Radio. Di tengah proses penggarapan rekaman album perdananya, mereka nekat memutuskan untuk menyeberang menuju ke Jakarta.

Bagaimanapun hasilnya nanti, pencapaian Murphy Radio ini seolah menjadi penegasan; stereotip band daerah yang belakangan kerap disebut-sebut menjadi anak tiri dari industri musik Indonesia itu sudah tak lagi relevan atau usang. Dengan tekad tinggi, asalkan mereka mau terus belajar, berani bergerak, menghasilkan karya bagus dan bekerja lebih ekstra, mustahil akan terabaikan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here