Lontaran Rap Klasik pada Demi Masa

Demi Masa merupakan album kolaborasi dari dua MC paling berpengaruh di tanah air. Duet rapper prominen yang juga pelopor hip hop Indonesia sejak era '90-an.

0
87
Foto dok. Grimloc Records.

GeMusik – Demi Masa ini merupakan album kolaborasi dari dua MC yang berada di dalam daftar MC paling berpengaruh di tanah air. Mereka adalah salah dua rapper prominen dan juga pelopor hip hop Indonesia dari era ’90-an.

Morgue Vanguard a.k.a Herry Sutresna a.k.a Ucok Homicide memulai perjalanan dari kota Bandung bersama Homicide, malang melintang di skena independen, dan melahirkan album-album klasik sebelum bubar satu dekade lalu.

Sedangkan Doyz berangkat dari duo Blakumuh, dikenal awalnya sebagai bagian dari kompilasi Pesta Rap, bergabung bersama P-Squad sebelum kemudian merilis album solo yang mendobrak standar lirikal hip hop lokal di awal 2000-an.

Dengan dua penggayaan dan karakter khas berbeda, mereka bahu membahu, bertukar rima berandal, personal dan politikal. Di atas musik yang ditulis oleh Morgue Vanguard, yang membentangkan boombap klasik beramukan elemen-elemen throwback untuk melampaui nostalgia yang semuanya -baik tersurat maupun tersirat- merajut narasi tentang waktu dan keberadaan.

Foto dok. Grimloc Records.

Album ini bertamukan Iwa K, Mr.EP (Blakumuh), Sarkasz (Bars of Death) dan Rand Slam, juga kontribusi epik dari permainan turntablism spartan dari DJ Evil Cutz. Total berisi 12 lagu termasuk single dobrakan mereka, “Testamen” dan satu versi remix dari Vladvamp (Koil). Grimloc dan Disaster, dengan segala kerendahan hati, bangga untuk dapat membantu melahirkan salah satu album terbaik yang pernah dihasilkan skena hip hop Indonesia.

Bahkan, album Demi Masa ini mulai disebut-sebut, oleh sebagian kalangan dan kritikus musik, sebagai salah satu album Indonesia terbaik tahun 2018. Kami pun sepakat dan enggan menyangkalnya setelah memutar album ini beberapa kali.

Simak single “CSDB FM” melalui kanal berikut:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.