Malang Menolak RUU Permusikan!

Ratusan insan musik dari berbagai kalangan dan beragam latar belakang menyatakan sikap tegas dan jelas untuk menolak RUU Permusikan.

0
8
Para narasumber dan pemantik diskusi terbuka soal RUU Permusikan di Malang. - Foto dok. K3M.

GeMusik – Semalam (11/02), lebih dari 100 orang dari berbagai kalangan dan beragam latar belakang – musisi, pekerja musik, fans musik, komunitas, akademisi, media massa, hingga LSM dan MCW – berkumpul bersama dalam rangka menyikapi RUU Permusikan di Malang.

Dalam forum diskusi yang berlangsung di ByPass Cafe itu akhirnya banyak yang menyampaikan kajian, opini dan pendapatnya secara terbuka. Hasil dari forum diskusi tersebut kemudian adalah beberapa poin yang berujung pada pernyataan sikap bersama berupa Menolak RUU Permusikan, beserta segala gagasan untuk merevisinya.

Berikut ini kesimpulan selengkapnya:

Hasil Forum Diskusi Terbuka RUU Permusikan

Waktu: 11 Februari 2019
Lokasi: Bypass cafe, Malang

Peserta diskusi: lebih 100 orang, terdiri dari kalangan musisi modern dan tradisional, pekerja musik, akademisi, pengajar musik, komunitas musik, media massa, dan Malang Corruption Watch (MCW)

Setelah mengkaji bersama RUU Permusikan, maka kesimpulan yang kami dapatkan antara lain:

  1. Tidak ada urgensi dalam pembuatan RUU Permusikan (RUUP).
  2. Sejak awal proses pembuatan RUUP ini tidak ada transparansi dan tidak melibatkan orang-orang yang berkompeten dalam bidangnya.
  3. Banyak pasal dalam RUUP yang tidak melindungi namun justru mengekang dan mempersulit praktisi musik sehingga tidak menyelesaikan permasalahan di dunia musik Indonesia, bahkan akan menciptakan masalah baru nantinya.
  4. RUUP ini berpotensi menimbulkan dampak buruk pada hal-hal kebebasan dan hajat hidup para pekerja musik.

Maka dengan ini kami yang hadir di Forum Diskusi Terbuka RUU Permusikan sepakat untuk menyatakan sikap MENOLAK Rancangan Undang-Undang Permusikan 15 Agustus 2018, termasuk segala gagasan untuk merevisinya.

Malang, 11 Februari 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.