Memutar Kembali Demo Keramat Metallica

36 tahun lalu, tepatnya 17 Juli 1982, Metallica melepas salah satu kaset demo terpenting di jagat heavy metal. Judulnya No Life ‘til Leather, dan selebihnya adalah sejarah kejayaan Lars Ulrich dkk.

1
128
metallica - no life til leather

GeMusik – No Life ‘til Leather direkam pada tanggal 6 Juli 1982 dan resmi diedarkan sebelas hari kemudian, 17 Juli 1982. peredaran demo tape berformat kaset itu cukup masif. Metallica tampaknya cukup serius menangani sirkulasi demo tersebut – dibandingkan dengan tiga demo ‘iseng’ mereka sebelumnya, Whiskey Audition Tape (Maret 1982), Ron McGovney’s ‘82 Garage Demo (Maret 1982), atau Power Metal Demo (April 1982).

Formasi Metallica pada demo No Life ‘til Leather itu masih James Hetfield (gitar, vokal), Dave Mustaine (gitar, vokal), Ron McGovney (bass), dan Lars Ulrich (drum). Nama Cliff Burton – yang datang menggantikan Ron McGovney – tetap tertulis di catatan kredit meski ia sebenarnya tidak terlibat dalam proses rekaman demo tersebut.

Baca Juga: Padahal, Dave Mustaine dan Metallica (Mungkin) Baik-Baik Saja

Kirk Hammet? Tidak ada. Dia masih bersama Exodus ketika itu. Gitaris berambut kriwil itu baru gabung dengan Metallica di akhir tahun 1983, setelah Dave Mustaine cabut dan membentuk Megadeth.

Metallica (1982): Ron McGovney, James Hetfield, Lars Ulrich, dan Dave Mustaine. – Foto dok. Metalwani.

Kaset demo No Life ‘til Leather memuat tujuh lagu – yang kemudian digarap ulang untuk debut album Kill ‘Em All yang dirilis 25 Juli 1983. Susunan lagunya pun masih sama, hanya ditambah dengan stok materi baru seperti “(Anesthesia) Pulling Teeth”, “Whiplash”, “No Remorse”, dan “The Four Horsemen”.

Baca Juga: Pulling Teeth: Mengenang Cliff Burton

Konon, judul No Life ‘til Leather diambil dari baris pertama lirik “Hit the Lights”. Demo ini sempat dirilis ulang secara tidak resmi sebanyak dua kali. Pertama, memakai titel Metallica: Bay Area Thrashers. Produk itu memuat rekaman masa-masa awal Metallica dan stok konser termasuk dari video Cliff ‘Em All. Album bootleg itu lalu diketahui oleh Metallica dan akhirnya dilarang beredar. Kedua, juga pernah dirilis dengan judul Metallica: In the Beginning… Live, yang isinya ternyata tidak jauh berbeda dengan album bootleg sebelumnya.

Baca Juga: Metallica Mendominasi Klasemen Rock Akhir Tahun

Satu-satunya rekaman resmi No Life ‘til Leather yang dirilis ulang adalah proyek dari Metallica sendiri bersama label Blackened Records yang diedarkan spesial untuk merayakan momen Record Store Day 2015. Konon kaset reissue yang dicetak dalam jumlah terbatas itu sudah ludes, kalau pun ada di pasaran gelap harganya pasti sudah selangit. Maklum, termasuk collector’s item.

Dalam salah satu wawancaranya, drummer Lars Ulrich pernah bilang kepada Rolling Stone: “It’s time for us to put out some next-level reissues and do the song and dance of the catalog that everyone else has done; the U2s and the Led Zeppelins and the Oasises… Instead of starting with Kill ‘Em All in 1983, we figured we’d go back another two years to when the band was formed in 1981.”

Baca Juga: James Hetfield Blak-blakan Soal Calo Tiket Konser Metallica

Menengok demo ini cukup mengingatkan pada kerja keras dan gairah Lars Ulrich dkk sebelum mereka dikenal publik luas serta menguasai industri heavy metal di planet selama hampir empat dekade ini.

Memang, harta yang paling berharga itu adalah Metallica!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.