Mengenal Bunyi Bumi

Sekumpulan musisi dari lintas generasi berkumpul di bawah kaki Gunung Panderman, lalu spontan merekam lagu bertema lingkungan.

1
12

Tanah air kita tinggal
Haruslah dijaga dan dirawat
Bumi tempat kita tinggal
Tak ada duanya, satu-satunya

Bunyi Bumi merupakan proyek kolaborasi para musisi Indonesia yang digagas secara spontan untuk merespon kondisi alam dan lingkungan di sekitar kita. Para musisi yang terlibat bukanlah nama-nama yang asing lagi – seperti Ian Antono, Toto Tewel, Roy Jeconiah, Algon (Jecovox), Iqbal (Jecovox), Nova Ruth, dan Arie Omen (Monohero).

Tempo hari di akhir bulan Agustus 2018, mereka semua kebetulan berkumpul di De Kleine, Batu. Lantas tiba-tiba ada gagasan untuk bikin satu lagu dengan tema lingkungan. Musiknya dikerjakan bersama-sama oleh mereka. Saling melempar ide dan mengisi instrumen hingga melahirkan komposisi harmoni yang pas.

Ian Antono dan Toto Tewel banyak bertindak sebagai music arranger pada saat itu. Liriknya sendiri ditulis oleh Nova Ruth dan Annabel Laura, sementara bagian tembang Jawa-nya digarap oleh Arie Omen. Judulnya adalah “Air Bersih, Sampah Pergi”. Seperti ini potongan refrain-nya: 

Ayo kita bersihkan
Jangan tunggu hari esok
Masa depan adalah sekarang
Air bersih, sampah pergi

Selama seharian itu pula, 26 Agustus 2018, mereka akhirnya mengeksekusi satu lagu itu sampai tuntas. Kemudian langsung direkam secara live recording oleh Gigih Praseta (Studio AA Malang) selaku sound engineer dan Eko Polenk (Hypno Creative Media) selaku sutradara dan video editor

Apapun yang kita tanam
Pasti kita petik suatu hari
Apapun yang kita buang
Apalagi plastik kan kembali

Sila tonton video “Bunyi Bumi” berikut:

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.