Mengenal Peran Produser Musik

Mengapa musisi membutuhkan sosok produser untuk memandu proses rekaman dan merilis karya musik, serta bagaimana bekerjasama dengan mereka?!

0
485
Produser musik

Setiap artis rekaman kebanyakan memiliki produser musik. Penting untuk memilih produser musik Anda dengan hati-hati, karena mereka adalah orang yang bertanggung jawab atas bagaimana karya akhir Anda akan terdengar. Pastikan untuk jelas tentang sound yang Anda cari dan musik yang ingin Anda hasilkan. Sekaligus untuk memastikan Anda berdua di halaman yang sama, dan juga untuk menghindari kekecewaan.

Jadi bagaimana cara musisi memilih produser musik yang tepat?

Sebagai permulaan, bahkan sebelum melihat produser musik yang berbeda, habiskan waktu dengan diri Anda. Putuskan musik dan sound seperti apa yang ingin Anda hasilkan. Jika Anda memiliki gagasan yang jelas tentang apa tujuan akhir Anda maka akan jauh lebih mudah untuk bekerja dengan produser musik. Di penghujung hari, produser musik Anda dapat menawarkan panduan dan membantu Anda menjelajahi berbagai jenis suara. Tapi kembali lagi terserah Anda untuk tetap berpegang pada arah musik dan sound yang Anda cari.

Komunikasi adalah elemen kunci dalam proses ini. Anda perlu mencari produser yang bisa bikin Anda merasa nyaman. Pilih seseorang yang bisa Anda ajak komunikasi dengan mudah, sehingga tidak menjadi masalah dan bisa menghindari kesalahpahaman. Adalah baik untuk memilih produser yang memiliki rujukan panjang, juga seseorang yang merasa nyaman di sekitar Anda. Anda akan bekerja sangat erat, jadi pastikan Anda memilih seseorang yang bisa menghabiskan banyak waktu dengan Anda.

Sebelum Anda menyewa produser, pastikan Anda sudah melakukan penelitian. Anda dapat memilih untuk mendengarkan album yang Anda kagumi, dan mencoba mencari tahu siapa yang memproduksinya. Ini juga merupakan ide bagus untuk berhubungan dengan artis lain dan mencari tahu produser mana yang mereka sarankan. Anda mendapatkan informasi langsung tentang produser melalui pengalaman yang mereka dapatkan dengan artis tersebut. Namun, Anda sebaiknya tidak terlalu membandingkan musik Anda dengan musik artis lain. Jangan buang waktu anda dengan produser yang biasa bekerja dengan musisi elektronik jika ingin membuat album heavy metal.

Baca Juga: Korn: Kami Bukan Band Metal

Sebagian besar artis rekaman masuk ke label rekaman. Inilah orang-orang yang benar-benar bertanggung jawab untuk membantu kesuksesan musik Anda. Lebih sering daripada tidak, ketika Anda masuk ke label rekaman, mereka menetapkan persyaratan untuk produser musik, karena mereka diinvestasikan untuk menciptakan musik terbaik. Tapi hati-hati karena Anda tidak ingin terjebak dengan produser musik yang tidak dapat Anda percayai. Selama penandatanganan kontrak dengan label rekaman, Anda harus menegosiasikan bahwa produser musik akan dipilih oleh Anda dan perusahaan. Dengan cara itu, semua orang bahagia!

Sangat penting untuk meneliti produser musik yang tersedia. Setelah melakukannya, Anda harus benar akan pilihan utama Anda. Karena beberapa di antara mereka mungkin tidak bersedia atau tertarik. Bisa jadi komisi mereka di luar dari anggaran Anda. Artis rekaman pertama kali memiliki waktu lebih sulit dengan menggunakan produser terkenal. Karena pada umumnya mereka tidak ingin bekerja dengan yang tidak diketahui atau dikenal. Jadi jangan putus asa!

Berbicaralah kepada produser tentang bagaimana mereka beroperasi, apa yang mereka harapkan dari Anda dan apa harapan Anda, karena itu akan mempermudah untuk menentukan apakah Anda berada di halaman yang sama. Jika semua terdengar baik, Anda mungkin ingin menyarankan sebuah pertemuan, atau mintalah produser untuk datang mendengarkan musik Anda di studio atau saat pertunjukan. Anda juga harus mengirimkan demo musik kepada mereka. Produser memang jarang tertarik dengan kualitas demo, tapi itu akan jadi cara yang bagus bagi mereka untuk mendapatkan ide tentang karya musik yang Anda kerjakan.

Baca Juga: Ed Sheeran Pensiun Dari Dunia Musik

Saat bertemu dengan produser musik yang potensial, Anda harus siap menghadapi pertemuan tersebut. Alih-alih pergi ke sana dan menikmati minuman bersama serta berkomitmen untuk bekerja sama berdasarkan interaksi sosial yang baik. Gunakan waktu tersebut dengan sangat baik. Ada beberapa pertanyaan yang perlu Anda tanyakan kepada produser musik sehingga Anda dapat memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana dia bekerja, jenis musik apa yang dia ciptakan, dan apa visinya untuk musik Anda.

Tidak ada keraguan bahwa pada pertemuan ini produser juga akan memiliki beberapa pertanyaan penting untuk Anda: tentang di mana Anda melihat diri Anda mengikuti karir musik. Juga jenis dorongan, motivasi dan etika kerja yang bisa Anda pegang. Karena mereka tidak ingin buang waktu mereka untuk seseorang yang tidak serius. Pastikan untuk menjawab semua pertanyaan dengan jujur, alih-alih menjawabnya untuk menyenangkan.

Begitu Anda mendapatkan produser musik, Anda akan menghabiskan banyak waktu bersama mereka di studio. Anda pasti ingin melihat-lihat studio mereka dan cari tahu apa saja yang ditawarkan. Cermati peralatan yang digunakan, tim teknisi, dan kondisi akustik di studio mereka.

Bersama-sama, Anda akan bekerja keras untuk menciptakan rekaman musik yang sensasional. Itu saat Anda berupaya menyempurnakan musikmu dan menciptakan sesuatu yang benar-benar bisa Anda banggakan. Pada dasarnya produser musik adalah salah satu orang terpenting yang akan membantu karir musik Anda.

*Ditulis oleh Wendy Permana, dari berbagai sumber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.