Mengenang Deru Drum Vinnie Paul

Pekan lalu, drummer Pantera dan Hellyeah itu meninggal dunia di rumahnya. Namun semua tahu kalau karya dan warisan musikalnya bakal terus abadi.

0
40
Vinnie Paul (1954 - 2018) - Photo: Hypebeast.

GeMusik – Tanggal 22 Juni 2018 yang lalu, masyarakat musik dunia berduka akibat kabar kematian Vinnie Paul. Konon pria berusia 54 tahun itu meninggal dunia akibat seragan jantung secara mendadak ketika tidur di rumahnya di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Sontak kabar duka tersebut langsung menyelimuti langit heavy metal dunia. Banyak kalangan musisi rock/metal yang ikut memberikan penghormatan bagi Vinnie Paul – mulai dari anggota Black Sabbath, Guns N’ Roses, Metallica, Megadeth, Lamb of God, Periphery, Slipknot, The Acacia Strain, In Flames, dan masih banyak lagi sampai hari ini.

Vincent Paul Abbott lahir pada tanggal 11 Maret 1964 di Texas, Amerika Serikat. Musisi, penulis lagu dan produser musik itu lebih dikenal sebagai salah satu pendiri sekaligus drummer band heavy metal Pantera. Dia juga anggota band cadas Hellyeah dan sempat membentuk Damageplan bersama adiknya, Dimebag Darrell.

Bersama Pantera (1983-2000), Vinnie Paul ikut terlibat dalam 10 album yang hampir semuanya menjadi konsumsi wajib kaum metalhead. Di grup band Hellyeah (2007-2016), dia merekam lima album yang dahsyat. Proyek musik lainnya adalah merilis album New Found Power (2004) bersama Damageplan, serta proyek rekaman Rebel Meets Rebel (2006).

Publik heavy metal sudah cukup mengenal kemampuan Vinnie Paul di balik drum set-nya. Dia dikenal sebagai drummer yang dinamik dan punya karakter kuat. Dia mampu menyuguhkan enerji yang brutal sekaligus groove yang tepat di setiap lagu-lagu cadas yang dimainkan.

Tanpa deru dobel pedal, sabetan stik yang impresif, serta ritme yang dinamis dari Vinnie Paul, akan cukup sulit membayangkan kekuatan musik Pantera – bahkan juga Hellyeah dan Damageplan. Dia sudah memberikan legacy yang kokoh di sana.

Untuk mengenang karya-karyanya, berikut sejumlah lagu terbaik yang mampu menggambarkan ‘warisan’ paling dahsyat dan berharga dari seorang Vinnie Paul di sepanjang karir musikalnya:

1Primal Concrete Sledge” – (Pantera, Cowboys From Hell, 1990)

Pantera dibentuk oleh Paul dan Dimebag pada tahun 1981. Vokalis Philip Anselmo baru gabung di tahun 1986. lagu ini ikut mengantarkan Pantera ke sirkuit heavy metal kelas dunia. Hanya berdurasi dua menit lebih sedikit, tapi parade double kick drums-nya sudah cukup membuktikan jika Paul menggemari ritme yang kompleks.

2Domination” (Pantera, Cowboys From Hell, 1990)

Di sini Paul bermain lebih ‘metal’ dari biasanya. Memamerkan corak yang thrashy plus isian yang impresif hingga breakdown di ujung lagu. One of the best breakdowns in metal?

3Walk” (Pantera, Vulgar Display of Power, 1992)

Jika ada satu lagu yang mampu mendeskripsikan jenis musik groove metal, maka “Walk” yang paling pantas jadi pemuncaknya. Di sini Paul bahkan melesatkan “Walk” menjadi lagu rock/metal kelas arena.

4Mouth for War” (Pantera, Vulgar Display of Power, 1992)

Jika lagu ini dimainkan saat live, pasti pecah dan brutal. Drumming-nya sangat memorable. Harmoninya juga pas. Sarat akan hook dan groove yang menggaransi moshpit yang liar.

5Fucking Hostile” (Pantera, Vulgar Display of Power, 1992)

Kerap disebut sebagai salah satu lagu Pantera yang terbaik, dan juga yang paling terkenal di kuping penggemarnya. Masak gak doyan lagu ini?!

6Becoming” (Pantera, Far Beyond Driven, 1994)

Di masa ini, Pantera menduduki tahta sebagai salah satu band metal yang paling inovatif dan menarik. Mereka merilis Far Beyond Driven, album paling keras yang pernah menjadi debutan nomer 1 di daftar Billboard 200. Lagu ini, memamerkan double-kick pedals Paul yang sangat bernyawa dan diakui belum pernah ia kerjakan sebelumnya.

7I’m Broken” (Pantera, Far Beyond Driven, 1994)

Satu contoh konkrit lagi dari kumpulan groove yang bikin Pantera jadi salah satu unit metal paling penting di jagat raya ini dalam 25 tahun terakhir.

813 Steps to Nowhere” (Pantera, The Great Southern Trendkill, 1996)

Memang bukan lagu terbaik dari album di atas, tapi bagian drum-nya justru yang paling mujarab. Paling tidak itu yang bisa kita tangkap dari kumpulan video “13 Steps to Nowhere drum cover” di YouTube.

9“I’ll Cast a Shadow” (Pantera, Reinventing the Steel, 2000)

Visi bermain drum paul cukup diuji dalam lagu dan album ini. Dia mencoba kembali ke root-nya di musik rock dan heavy metal yang klasik. Simak pengaruh Van Halen hingga Black Sabbath di tembang ini. Dari kursi drum-nya, Paul sudah cukup nostalgik sekaligus visioner.

10“Heart Worn Highway” (Rebel Meets Rebel, self-titled, 2006)

Ini ketika semua anggota Pantera, kecuali Philip Anselmo, bersatu bersama penyanyi country David Allen Coe. Hasilnya, ada lagu “Heart Worn Highway” dengan kecakapan Paul yang bermain-main lewat suasana ‘70-an. Semacam karya Paul yang paling rekreasional.

11Say When” (Hellyeah, Blood for Blood, 2014)

Menyimak parade bass drums di tembang “Say When” sudah cukup membuktikan kalau Paul memang tidak pernah melunak dan masih segar dalam 30 tahun karirnya.

12“I Don’t Care Anymore” (Phil Collins cover) – (Hellyeah, Unden!able, 2016)

Porsi gitar Dimebag akan sangat dikenang pada lagu ini. Sementara Paul ikut mengisi atmosfir yang pas di sekujur lagu. “His light touch with the rolling toms are indicative of his signature style, but presented in a new light,” menurut situs Loudwire.

13“Heard it on the X” (ZZ Top cover) – (Tres Diablos, ECW Compilation, 1996)

Di bawah nama Tres Diablos – Paul, Dimebag dan Rex merekam lagu milik ZZ Top sebagai tribut bagi pahlawan lokalnya. Mereka nekat mengkovernya dengan gaya musik Pantera dan tampaknya cukup berhasil.

14“Fractured Mirror” (Ace Frehley cover) – (Dimebag Darrell, Spacewalk: A Salute to Ace Frehley, 1996)

Dimebag Darrell memang dikenal sebagai fans KISS yang taat dan sangat memuja Ace Frehley. Ketika ditawari untuk merekam lagu kover ini, dia langsung mengajak kakaknya Paul untuk duduk di kursi drum. Persahabatan dua saudara kandung kadang bisa se-metal ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.