Menyusuri Sudut Kota Jakarta bersama Lantun Orchestra

Ajakan tersebut kembali hadir lewat album konsep Respon Ruang terhadap Kota Jakarta milik sang pengusung genre Betawi Jazz.

0
79
Foto Dok. Lantun Orchestra.

GeMusik – Tahun 2014 lalu, kita mengenal Lantun Orchestra melalui kemunculannya yang memberikan angin segar bagi para penikmat musik. Mereka tak hanya hadir dengan tampilan unik melalui kostum panggung berbalut kebaya dan batik, Lantun Orchestra pun menyajikan perpaduan musik tradisi Betawi dan jazz yang nikmat didengar oleh semua kalangan.

Tetapi, tentu ada yang kembali berbeda dari Lantun Orchestra. Tanggal 1 November 2017 lalu, Lantun Orchestra menjawab kerinduan fans-nya dengan album self-titled yang berkonsep “Respon Ruang terhadap Kota Jakarta.”

Tak heran kalau mereka menampilkan potret yang khas dari kehidupan urban berupa jemuran gantung. Desain bergaya pop art bercorak warna-warni neon pada sampulnya. Menjadikan pemandangan umum yang lekat dengan permukiman padat penduduk itu punya kesan artistik.

Album terbaru Lantun Orchestra berisi tujuh lagu dan komposisi yang ditulis serta diaransemen oleh musisi muda Chaka Priambudi – yang sekaligus menjadi kreator dari Lantun Orchestra. Sejatinya Lantun Orchestra bukanlah grup band, melainkan sebuah ide yang dikembangkan Chaka sebagai bentuk partisipasi kolektif musisi muda dan inovasi dalam menjawab tantangan terhadap pengembangan musik tradisi dan populer saat ini.

Warung”, “Pecinan”, dan “Kutunggu Kau di Salemba” menjadi tiga lagu andalan Lantun Orchestra di album tersebut. Ketiganya menjadi favorit karena berlirik dan bervokal. Sementara komposisi lain yang juga mendapat respon positif adalah “Topeng Monyet” dan “Nasi Kuning”.

Melalui lagu dan komposisi musiknya, Lantun Orchestra tak hanya hendak mengajak kita berkeliling menikmati nuansa Jakarta. Tetapi menyantap pula sajian rasa musik yang variatif dengan alunan gambang kromong, ballad, smooth jazz, hingga dangdut. Chaka bahkan mengkategorikan genre musik Lantun Orchestra sebagai Betawi Jazz.

Album Lantun Orchestra telah tersedia dalam format CD yang distribusinya diedarkan oleh jaringan demajors di Indonesia. Album ini juga dapat diakses melalui layanan iTunes, Spotify, dan Deezer. (*)

*CD album Lantun Orchestra juga bisa didapatkan di GeMusik Store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.