Merayakan 20 Tahun Debut Album Sendal Jepit

Album perdana Sendal Jepit yang memiliki nilai historis dan jadi penanda zaman tersebut akan dirilis ulang dalam kemasan eksklusif.

0
15
Sendal Jepit - Foto dok. Sendal Jepit FB.

GeMusik – Sendal Jepit adalah band melodic punk kugiran asal kota Bandung yang lahir dan tumbuh sejak era ‘90-an. Tahun ini mereka tepat berusia 26 tahun. Sendal Jepit dulunya identik dengan musik ala Bad Religion dan band-band sejenis yang jadi inspirasi bermusik mereka.

Apa yang telah mereka kerjakan ternyata jadi referensi dan rujukan bagi band-band punk di generasi berikutnya. Hingga kemudian kita mengenal gelombang musik melodic punk yang masif sejak awal tahun 2000-an hingga sekarang.

Album perdana Sendal Jepit dirilis di bawah naungan label rekaman Riotic Records, pada tahun 1998. Album tersebut disebut-sebut memiliki makna dan pengaruh besar bagi pertumbuhan kancah musik melodic punk di Indonesia. Tahun ini, album self-titled tersenut tepat berusia 20 tahun dan memang sangat layak untuk dirayakan. 

Atas dasar historis, pencapaian dan bukti penanda zaman, Sendal Jepit akan merilis ulang album pertama mereka dalam format kaset dan dikemas dalam sebuah boxset memorabilia bertajuk #20YEARSOFSHITTYSOUND. 

Konon Sendal Jepit akan mengemas album itu tetap dalam etos kerja do-it-yourself dengan mempertahankan hasil audio bentukan aslinya. Produk itu dirilis oleh RottentanX Records dalam jumlah terbatas dan masing-masing memiliki nomor seri.

Album reissue itu juga dijadikan pengantar menuju single anyar Sendal Jepit yang akan dirilis pada tahun 2019. Formasi Sendal Jepit saat ini adalah Andri, Randy, Brew, Toran dan Obo. 

Sendal Jepit akan merayakan itu semua dalam sebuah showcase di Lou Belle, Bandung, 2 Desember 2018. Di sana mereka akan tampil dan berbagi panggung dengan Saturday Night Karaoke dan Queen Mary Jane and The Temple of The Damned. Selain live performance, nanti juga akan ada sesi sharing dari Kimung dan Ijan (Closehead).

Showcase ini terselenggaranya atas kerjasama kolektif fermentasi ide dari RottentanX, Resolve Event dan Sendal Jepit. Tiket pesta perilisan #20YEARSOFSHITTYSOUND dibanderol seharga Rp.50.000,- dan sudah bisa didapatkan secara online. Untuk informasi komplit sila kunjungi akun Instagram Sendal Jepit, RottetanX, atau Resolve Event

Simak gambaran album perdana Sendal Jepit (1998) melalui video berikut; 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.