Merespon RUU Permusikan, Black Star Luncurkan Video Baru

Unit pop alternatif asal Jakarta, Black Star, menanggapi isu dan polemik RUU Permusikan lewat video musik “Si Buta, Si Tuli, Si Bisu”.

0
13
Black Star - foto dok. Black Star.

GeMusik – Akhir Januari 2019 lalu, naskah akademik dan draf RUU Permusikan beredar luas di masyarakat. Sebagian musisi yang tergabung dalam Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan kemudian menolaknya karena RUU tersebut memiliki pasal dan klausul yang kontroversial.

Beberapa pasal yang ditentang misalnya pasal 5, 10, 11, 12, 13, 19, 32, dan 33 itu sungguh rentan memidanakan musisi. Di samping itu, RUU Permusikan dianggap membelenggu kebebasan berkarya yang selama ini menjadi nafas para pelaku musik.

Dibantu oleh sutradara Risan Hadiputra, unit pop alternatif asal Jakarta, Black Star, menanggapi isu tadi dengan memproduksi sebuah video musik berjudul “Si Buta, Si Tuli, Si Bisu”. Lagu ini merupakan single dari album kedua mereka, Luar Angkasa, diedarkan oleh Demajors Independent Music Industry (DIMI).

Videonya mengisahkan tentang para demonstran yang menyuarakan hati nurani rakyat namun kerap tidak didengar oleh pihak berwenang. Visualisasinya juga menegaskan sikap Black Star terhadap RUU Permusikan.

Video “Si Buta, Si Tuli, Si Bisu” bisa ditonton melalui kanal YouTube berikut ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.