Navicula – Ibu

Single baru yang dirilis pada peringatan hari kelahiran Pancasila itu menjadi bentuk penghormatan Navicula kepada bumi.

0
89

GeMusik – Jelas butuh waktu dan tenaga ekstra untuk menghitung berapa banyak lagu dari para musisi atau kelompok musik lintas warna musik yang ditulis secara khusus untuk perempuan yang melahirkan mereka ke bumi.

Mulai dari Iwan Fals dengan tembang berjudul “Ibu”, John Lennon dengan “Mother”, “Dear Mother” milik 2Pac, Naif punya “Yts: Ibu”, hingga Snickers and The Chicken Fighter memiliki “Nama Dalam Doa”. Bahkan sang pangeran kegelapan, Ozzy Osbourne, juga memiliki tembang berjudul “Mama, I’m Coming Home”. Itu masih segelintir, dan masih banyak lagi lagu dengan tema serupa di luar sana.

Pada tanggal 1 Juni 2018, bertepatan dengan peringatan hari kelahiran Pancasila, unit grunge asal Bali, Navicula, mengumumkan perilisan single terbarunya yang dikasih judul “Ibu”.

Namun, makna Ibu di lagu yang dikemas dalam wujud video musik itu bukan perempuan seperti yang dimaksudkan pada lagu-lagu yang disebut sebelumnya. Ibu yang dimaksudkan mereka adalah bumi.

Kata Ibu (Ibu Pertiwi) bermakna bumi, dan lagu ini adalah persembahan dan penghormatan kami kepada bumi serta isinya,” jelas Gede Robi, frontman Navicula.

Bumi dan perempuan yang melahirkan kita ke dunia memang memiliki peran yang sama pentingnya. Sama-sama memberikan kita kehidupan. Oleh karenanya, sekian lama merawat dan memberikan kehidupan hingga dewasa, sudah semestinya kita membalasnya dengan cara menjaga dan merawat mereka sebagai bentuk rasa terima kasih.

Hal itu pula yang ingin disampaikan Navicula lewat lagu terbaru berjudul “Ibu”.

Lagu ‘Ibu’ bercerita tentang janji seorang manusia kepada alam, bumi, tempat dia tinggal, bahwa dia akan lebih peduli dan meluangkan waktu serta tenaga untuk menjaga, mencintai, dan melestarikannya,” tulis Robi lewat Instagram-nya.

Bukanlah suatu kejutan jika Navicula menciptakan lagu yang dikhususkan untuk keselamatan planet ini – mengingat sudah banyak lagu yang pernah mereka tulis selama ini dengan tema serupa. Belum lagi penasbihan diri mereka sebagai kelompok green grunge gentleman.

Navicula mengaku jika penggarapan lagu “Ibu” telah dilakukan mulai setahun silam di rumah Navicula, Ubud, Bali. Sedangkan proses produksi video musiknya dikerjakan pada awal bulan April 2018. Lokasi pengambilan gambar pun dilakukan di berbagai tempat – Mulai dari perairan Papua saat sang vokalis berlayar bersama kapal Greenpeace, Rainbow Warrior, kemudian di Raja Ampat, hingga di tempat asal mereka, Bali.

Di dalam video tersebut Navicula juga mengambil potongan-potongan gambar yang diambil oleh pihak Greenpeace di mana di dalamnya menyorot tindakan perusakan alam.

Turut hadir pula penyanyi asal California, Leanna Rachel, dalam video musik “Ibu” sebagai model video klip.

Lagu “Ibu” dirilis pertama kali oleh Navicula di Hard Rock Café, Bali. Lagu “Ibu” merupakan salah satu single dari sederet lagu baru yang rencananya akan masuk dalam album ke-9 Navicula bertajuk Earthship yang direncanakan akan dirilis pada tahun ini.

Tak akan ada Ibu Bumi kedua, bila Ibu Bumi telah tiada
Kujaga dia, kujaga selamanya, karena kutahu dia pun jaga kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.