Razle
Razzle : King Cader (drum), Joey Sudewo (bass)  Robbie  Matulandi (vokal), Peter Mekel (gitar), Irvan Cader (gitar). Foto : Dok Razzle

GeMusik Band alternative rock and roll berbasis Jakarta, Razzle, merilis single kedua, “Orang-Orang Besar” bertepatan dengan peluncuran versi digital dari album mini (EP) perdana mereka, Rock N’ Roll Rules via Cadaazz Pustaka Musik. Versi fisik album mini ini telah diluncurkan oleh Robbie  Matulandi (vokal), Peter Mekel (gitar), Irvan Cader (gitar), Joey Sudewo (bass), dan King Cader (dram) sejak Mei 2017 lalu via Sangu Management dengan single pembuka “Manusia Biasa”.

Proses penggarapan Rock N’ Roll Rules terbilang panjang, sekitar satu tahun dimana beberapa materinya merupakan tabungan milik vokalis Robbie setelah keluar dari Edane yang dikombinasikan dengan sejumlah materi baru. Sayangnya, file beberapa materi baru itu sempat hilang di sebuah studio di kawasan Blok S, Jakarta Selatan, sehingga Razzle harus merekam ulang lagu-lagu tersebut di Mekel Studio Musik dengan proses Peter Mekel.

“Sebenarnya lagu kami banyak tapi karena ganti-ganti sistem perekaman akibat materinya ada yang hilang akhirnya enam lagu ini aja yang dirilis. Proses pembuatan tiap lagunya juga macam-macam. Ada yang dalam sebulan kelar, ada yang lama karena memang lagu lama tapi baru di-mixing dan di-mastering seperti “Menuju Nirwana” dan “Manusia Biasa,” Robbie menjelaskan tentang proses penggarapan Rock n’ Roll Rules kapada GeMusik.

Seperti halnya single “Orang-Orang Besar”, lima lagu lain di dalam album ini juga dibungkus oleh balutan sound vintage dengan tetesan riff gitar rock n’ roll ala Jimi Hendrix. Karakter vokal Robbie yang gahar juga begitu melebur dengan isian gitar ritem Peter dan Irvan yang didampingi secara simultan oleh ‘keangkuhan’ betotan bass Joey dan sound dram vintage rock King Cader. Demi menambah cita rasa, beberapa musisi kawakan juga dilibatkan dalam album ini. Sebut saja eks vokalis Dewa 19, Once Mekel, Doddy Katamsi, Agil (Whizzkid), Didi (Freaky), dan Baruna (Elpamas).

“Dengan muatan lagu-lagu seperti itu, jelas banget kalau album ini kami tujukan buat penikmat musik rock dan teman-teman lama kami, sekaligus sebagai  pembuktian eksistensi band dari Jakarta Selatan yang sudah berdiri sejak 1989 dan beberapa kali mengalami pergantian personel. Dari masih adanya bassis Judapran, ada Riri Riza dan juga Rudi Soedjarwo hingga sekarang, ” lanjut Robbie.

Secara garis besar, Rock N’ Roll Rules menyampaikan pesan cinta yang tak terbatas. Mulai dari mencintai sesama manusia, diri sendiri, serta menghormati musik dan sesama musisi Indonesia. Namun khusus di lagu “Orang-Orang Besar” Razzle mencoba menuturkan tentang sikap para pejabat dan wakil rakyat di Tanah Air yang cenderung bergaya melebihi selebriti dan suka mencari sensasi dengan statement–statement mereka yang asal ‘njeplak’. Tanpa mereka pun, sambung Robbie,  dunia ini akan tetap rock n roll.”

Robbie lalu menegaskan, ada perbedaan mencolok antara album ini dengan album Edane dan Wolfgangs yang melibatkan dirinya. Di album ini, ia lebih bebas bereksplorasi dan berekspresi walaupun dari sisi aransemen musik tetap digarap bersama-sama. “Secara band ini gue yang mendirikan. Itulah mengapa genrenya tetep yang gue suka yang mengalir di dalam darah gue. Tetap ada teriakan-teriakan ekspresif. Materi kami ya identitas kami selama ini. Yang cinta musik dan berkesenian. Dan lagu-lagu kami nge-rock untuk jiwa yang  bersemangat. Jadi kalau yang suka musik rock haruslah mengoleksi album ini.  So Let’s rock n’ roll!(*)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.