Petualangan Ramayana Soul Ke Taj Mahal

Suara kekhawatiran dari Ramayana Soul akan kondisi bangunan Taj Mahal itu dikemas dalam wujud video animasi yang apik dan kental dengan visual khas psikedelik.

0
48

GeMusikPaska kelahiran Sabdatanmantra, keberadaan Ramayana Soul bagaikan angin. Kadang datang berhembus kencang, lalu kemudian hilang. Akan tetapi sekalinya muncul, grup yang memadukan irama musik rock dengan campuran musik tradisional India – yang biasa disebut raga rock – ini tak pernah gagal mendatangkan kekaguman.

Seperti halnya video klip bertajuk “Taj Mahal” yang baru saja mereka unggah melalui saluran YouTube milik Sindensanen Records.

Single “Taj Mahal” sendiri merupakan salah satu materi yang termuat pada mini album split antara Talun Awan dan Ramayan Soul yang dirilis oleh Sindensanen Records bertepatan momen Records Store Day di kota Tangerang, pada 28 April 2018 yang lalu.

Kabarnya single itu menceritakan tentang kekhawatiran Erlangga Ishanders, vokalis sekaligus pemain sitar Ramayana Soul, akan kondisi bangunan Taj Mahal yang dikabarkan dalam kondisi miring dan terancam runtuh.

Hanya berdurasi hampir satu setengah menit, video klip “Taj Mahal” dibuat dengan gaya animasi yang kental dengan karakter visualisasi psikedelik. Itu tampak dari pemilihan warna-warna cerah, bunga, hingga animasi kerangka kucing yang sedang melakukan gerakan-gerakan yoga.

Biliksambat, selaku animator dan seniman video asal Tangerang yang menggarap video klip tersebut mengaku jika animasi kerangka kucing yang dibuatnya itu buah dari pertemuannya dengan Erlangga.

Waktu itu dia bilang kepikiran mau bikin kelas Yoga,” tuturnya. “Sambil bicara, dia kasih makan kucing melulu.”

Momen tersebut yang akhirnya menginspirasi Biliksambat bikin konsep video “Taj Mahal”.

Saat ini Ramayana Soul dikabarkan sedang disibukkan menggarap album kedua mereka sebagai lanjutan debut album Sabdatanmantra (2015) dan juga mini album, Elegi Prematur (2017). Belum dipastikan kapan album itu lahir, tapi jelasnya album dari grup musik yang menenangkan jiwa ini patut untuk ditunggu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.