Pulling Teeth: Mengenang Cliff Burton

Hari ini, 27 September, tepat 32 tahun sejak musibah naas yang merenggut nyawa Cliff Burton. Sebagai bentuk penghormatan terhadap bassist lawas Metallica itu, kami berbagi beberapa video penting untuk mengenang sang legenda. 

1
117
cliff burton

Malam itu, 26 September 1986, Metallica baru saja menyelesaikan show mereka di Solnahallen Arena, Stockholm, Sweden. Itu merupakan bagian dari tur mereka untuk mempromosikan album ketiga Master of Puppets yang maha dahsyat. Salah satu album thrash metal terbaik di era itu – bersama dengan Reign In Blood (Slayer) dan Peace Sells… But Who’s Buying? (Megadeth).

Baca Juga: Esok, Rayakan Cliff Burton Day!

Dalam perjalanan menuju ke venue pertunjukan selanjutnya, para personil dan kru Metallica mengisi waktu senggang sambil bermain kartu di dalam bus turnya. Alkisah di akhir permainan kartu tersebut, Cliff Burton mempecundangi Kirk Hammett dan berhak atas taruhan ranjang tidur yang paling nyaman di bus itu.

Dia gembira sekali. Lalu kemudian pamit untuk istirahat dan langsung tergeletak pulas di atas kasur kemenangan. Mungkin sambil mimpi indah…

Tepat dini hari, bus yang mereka tumpangi itu mengalami kecelakaan di jalur E4, 2 mil sebelum kota Ljungby, Swedia. Bus tersebut tergelincir keluar jalur utama dan menyasak pepohonon di sekitarnya.

Dalam kecelakaan tersebut, tubuh Cliff Burton terlempar keluar jendela dan tertimpa oleh bodi bus. Dia gagal dievakuasi dengan selamat. Sang bassist nyentrik itu akhirnya meninggal dunia di usia yang masih sangat muda, duapuluh empat tahun!

Hari ini, 27 September 2018, adalah tepat 32 tahun sejak musibah naas yang merenggut nyawa Cliff Burton. Sebagai bentuk penghormatan terhadap bassist lawas Metallica itu, kami akan berbagi beberapa video penting untuk mengenang sang legenda, Clifford Lee Burton.

Slap it all, Cliff!

Back
Berikutnya

(Anesthesia) Pulling Teeth – Metallica

Bagian solo bass di lagu ini sebenarnya sudah dimainkan oleh Cliff Burton saat ia masih tergabung di grup band Agents of Misfortune bersama Jim Martin (Faith No More) pada tahun 1981. Tepatnya ketika mereka mengirimkan sebuah rekaman video audisi untuk ajang kompetisi Hayward Area Recreation Department’s Battle of the Bands. Rekaman video tersebut memamerkan talenta Cliff Burton dalam mencabik senar bass. Bagian solo bass-nya diwariskan kepada Metallica dan kemudian jadilah lagu “(Anesthesia) Pulling Teeth”.

Back
Berikutnya

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.