GeMusik – Band rock alternative Radiohead baru-baru ini dijadikan nama untuk spesies semut terbaru yang ditemukan di kawasan Amazon. Penemu spesies itu, Ana Jesovnik dan Ted R, secara resmi memberikan nama ilmiah spesies itu Sericomirmex Radioheadi.

Pemberian nama Radiohead bukan tanpa alasan, dua ilmuwan itu mengaku kagum atas kegiatan Radiohead dalam penyelamatan lingkungan, terutama dalam meningkatkan kewaspadaan akan perubahan iklim melalui lirik lagunya.

“Lagu-lagu Radiohead juga menemani kami saat melakukan penelitian terhadap semut yang baru ini, jadi untuk mengenangnya kami cantumkan nama Radiohead di dalamnya,” tulis dua ilmuwan tersebut.

Pemberian nama jenis semut itu dengan nama Radiohead juga bukan merupakan sebuah kebetulan semata, karena pada tahun 2011 band yang tenar dengan lagu “Creep” itu juga menamai albumnya Antnesiac. Tak hanya itu, belakangan ini Radiohead santer dikabarkan bakal merekam ulang album Ok Computer. Itu ditandai dengan menyebarnya sebuah poster bertuliskan lirik “Fitter Happier” yang merupakan single dari album tersebut. Poster-poster itu sudah tersebar di kawasan Berlin, Amsterdam, Los Angeles dan New York.

Uniknya, dalam poster itu juga dicantumkan sebuah rentang tahun 1997-2017 yang menunjukkan usia 20 tahun album tersebut. Album ini disebut-sebut sebagai karya terbaik Radiohead. Belum lama ini mereka menolak dengan tegas untuk tampil di Tel Aviv, Israel pada 19 Juli mendatang. Keputusan band itu menyusul sikap pentolan Pink Floyd Roger Waters dan Thurston Moore. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.