GeMusik – Pentolan The Allman Brothers, Gregg Allman, meninggal dunia, hari ini, Minggu (28/5) di kediamannya kawasan Savannah, Georgia.

Kabar kematian pria berusia 69 tahun itu diketahui dari website resmi, Gregg Allman. Keluarga besar musisi itu menyampaikan jika sebelum meninggal dunia, Gregg telah lama berjuang untuk melawan penyakitnya.

“Gregg berjuang dengan banyak masalah kesehatan beberapa tahun terakhir. Meski begitu ia tetap berada di jalur bermusik bersama saudaranya. Bermusik merupakan obat baginya, esensi jiwanya. Dan dengan kesedihan mendalam, kami menyampaikan Gregg sudah tak lagi bersama kita,” tulis pernyataan keluarga dalam website resmi Gregg Allman.

Riwayat sakit Gregg Allman diketahui sejak tahun 1999. Kala itu Gregg menderita Hepatitis C dan harus mendapatkan perawatan medis. Pada tahun 2010 masalah kesehatan kembali menghampiri Gregg, dimana ia diharuskan menjalani transplantasi hati dan membuat kondisinya terganggu dalam 7 tahun terakhir.

Kerabat dekat Gregg, Michael Lehman mengatakan, jika saat ini dunia kehilangan sosok pelopor musik yang brilian dan turut mewarnai perkembangan musik selama ini. “Gregg merupakan sosok yang dekat dengan keluarga dan baik kepada teman, saya merasa kehilangannya,” kata Lehman.

Karir Gregg Allman yang tidak bisa dilupakan oleh publik adalah manakala ia dan kakanya Duanne Allman sepakat membentuk band bernama “The Allman Brothers” dan pada tahun 1969 mereka berhasil merekam album perdananya yang diberi judul sama dengan nama band mereka.

Namun, sayangnya, album ini tidak begitu menarik pasar. Kendati begitu, band tersebut tidak putus asa dan bekerja keras untuk menghasilkan karya yang mampu diterima masyarakat pecinta musik. Setahun setelah kemunculan album perdananya, The Allman Brothers, akhirnya mampu mencuri perhatian melalui album ‘Idlewild South’ dan puncaknya pada tahun 1971, band ini benar-benar menjadi sangat tenar seusai merilis album berjudul At Fillmore East dimana beberapa single-nya mampu merajai top chart, salah satunya di Billboard.

Nahasnya, pada tahun keemasannya itu, The Allman Brothers harus kehilangan sosok Duanne Allman yang meninggal dunia karena kecelakaan. Kendati begitu, band ini tidak bubar dan terus menghasilkan beberapa album selama karirnya.

Sementara itu, Gregg Allman juga sempat merekam album solo-nya bersama beberapa musisi handal, dan berhasil di pasaran. Pada tahun 2014, The Allman Brothers Band kembali melakukan serangkaian tur di beberapa negara, setelah band ini memutuskan vakum karena Gregg kembali bermasalah dengan kesehatan.

Bukan itu saja, Gregg Allman juga menjalani sejumlah konser solo di beberapa negara tahun lalu, dan terpaksa membatalkan konsernya pada tahun ini, karena kesehatannya sudah tak memungkinkan. (*)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.