Rukun Gigs: Agenda Anyar dari Surabaya

0
14
Keceriaan pada acara Rukun Gigs #1, 16 Desember 2018. - Foto dok. Rukun Gigs.

GeMusik – Kota pahlawan memang sedari dulu tidak pernah sepi dari bisingnya jalan raya, suara-suara mesin, hingga musik yang seolah sudah menjadi denyut nadi yang akan membuat kota ini mati bila denyutnya terhenti. Meski pasar sedang sepi, para pelaku musik seolah tidak perduli dan tetap saja membuat gigs paling tidak untuk mereka nikmati sendiri.

Bulan lalu tepatnya tanggal 16 Desember 2018 di Bober Café, sekelompok pemuda yang tergabung dalam Dilarang Duduk, Surabaya Akhir Pekan dan juga Vojo Music berkolaborasi untuk membuat sebuah gigs yang diberi nama Rukun Gigs.

Dari judulnya sudah jelas sekali spirit dari acara ini yaitu sebagai ajang kumpul, sebenarnya tak ada yang istimewa dari hal itu. Namun panitia tampak serius sekali dalam menanggapi kata “Rukun” tersebut. Terlihat dari cara panitia mendekorasi lantai 3 rooftop Bober hingga sangat nyaman dilihat, seolah menyambut seluruh pengunjung yang datang untuk bersantai bersama. Kursi dan meja yang dijajar membuat para pengunjung mau tidak mau harus duduk satu bangku meski tidak saling kenal, dengan jarak antar bangku yang sudah diukur sedemikian rupa membuat pengunjung nyaman mengobrol satu sama lain.

Memang tidak ada space untuk moshpit atau berdansa di sini, itulah yang beda dari gigs ini, panitia sengaja melakukan itu tujuannya agar para pengunjung bisa duduk-duduk santai dan mengobrol satu sama lain, sambil menikmati band yang sedang tampil.

Kontainer-kontainer yang ada di rooftop Bober dimanfaatkan untuk tempat lapak-lapak kreatif menjual produk-produknya, sementara tepat di atas kontainer itu para musisi menggeber alat musik mereka keras-keras dan memainkan karya mereka dengan lantang. Dengan cara penataan ruang seperti itu panitia berhasil membuat sebuah space yang nyaman untuk berbelanja, menikmati musik, makan minum sekaligus berbincang satu sama lain.

Hampir seluruh pengunjung tampak puas, tidak sedikit yang berkomentar “Keren acaranya, sering-sering bikin yang kayak gini,” – terutama dari kaum hawa yang biasanya hanya terpaksa menemani pacarnya yang sedang tampil, kini mereka betah berlama-lama di sana.

“Rukun Gigs rencananya akan digarap setiap dua bulan sekali, itu artinya Rukun Gigs berikutnya akan diadakan pada Februari 2019. Dan kami sangat terbuka dengan pihak manapun untuk bekerja sama, jadi tidak melulu Dilarang Duduk, Surabaya Akhir Pekan dan Vojo Music saja yang mengerjakan Rukun Gigs. Justru kami berharap akan ada pihak lain yang merapat, biar makin guyub dan seru,” ujar Cak Boker salah satu panitia Rukun Gigs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.