Sambut Natal, Christabel Annora Luncurkan Dua Lagu Baru

Kado spesial berupa dua single baru yang dibungkus dalam paket mini EP bertajuk Late December itu didasari oleh pengalaman Christabel Annora ketika merayakan Natal di UK.

0
19
Foto dok. Christabel Annora.

GeMusik – Pianist merangkap singer/songwriter asal kota Malang, Christabel Annora, resmi merilis mini EP bertajuk Late December pada tanggal 21 Desember 2018. Paket rilisan itu berisi dua lagu yakni “December 24th 23:58” dan “St. Andrew Square” yang merupakan materi musik paling anyar dan belum pernah ia rilis sebelumnya.

“Ini memang niatnya jadi hadiah atau kado buat teman-teman,” ujar Christabel Annora mengenai keputusannya merilis materi baru di akhir tahun 2018. Kebetulan, kedua lagu tersebut juga bernuansa seputar hari raya Natal.

Inspirasi untuk menulis materi Late December muncul ketika Christabel Annora menjalani masa liburan Natal 2017 silam di UK. Beberapa tahun terakhir, ia memang sempat meninggalkan rumahnya di tanah air dan menjadi mahasiswa perantauan di kota Edinburgh, Skotlandia.

Musik dasar dan lirik kedua lagu tersebut dikerjakan di sana. Seperti lagu “December 24th 23:58”, yang menurut pengakuan Christabel Annora memang ia bikin tepat pas malam Natal 2017.

“Itu aku bikin ketika kangen rumah. Pengen pulang dan Natalan di Malang,” tuturnya. “Waktu itu aku lagi sendirian di kosan, di Galashiels, sekitar satu jam dari Edinburg.”

“Di luar pas dingin-dinginnya waktu itu. Sudah mau turun salju,” kenangnya kemudian. “Akhirnya aku gak ke mana-mana, cuma di kosan trus bikin lagu itu. Agak sedih sih, sebenarnya. Soalnya aku khan biasanya kalau Natalan itu selalu bareng keluarga. Baru kali ini sendirian…”

“Tapi itu ya gak apa-apa. Lagu ini maksudnya juga untuk memotivasi dan memberi semangat kok,” tambah perempuan yang sekarang sudah balik ke tanah air dan kembali melakoni takdirnya untuk bermusik, sembari menjadi pengajar di sebuah perguruan tinggi. “Tidak masalah merayakan Natal atau hari raya sendirian. Besok-besok khan pasti ketemu lagi sama keluarga atau teman-teman yang disayang…”

Pesannya itu persis seperti potongan liriknya: “There’ll be tomorrow / With all the colours, no sorrow / Soon, we’ll meet again, i just know / We’ll stare at the same rainbow…”

Tembang “December 24th 23:58” juga dirilis dalam bentuk video lirik garapan Iqbal Febrian. Video tersebut sudah bisa ditonton melalui kanal Youtube, sejak tanggal 22 Desember 2018.

“Kalau lagu satunya itu cerita tentang aku yang lagi jalan-jalan ke Christmas Market di sana,” ujar Christabel Annora menuturkan kisah di balik lagu “St. Andrew Square”. “Trus ke St. Andrew Park, Princess Street sampai Market Street. Menyenangkan…”

“Itu lokasinya di Edinburg. Kayak apa ya? Semacam alun-alun atau pasar malam gitu. Tapi bukanya khusus pas liburan Natal aja,” jelasnya tentang St. Andrew Square. “Seru jalan-jalan di sana. Isinya macem-macem. Seru. Ada wheel, slides, carousel, sama bazaar makanan. Ruame wes!

Pengalaman menyenangkan itu juga ditulis Christabel Annora dalam liriknya: “Walking around St. Andrew Square / The famous Princess and Market Street / Lights are blinking / The stars are twinkling / Children caroling while Christmas songs were played…”

Ilustrasi Late December dikerjakan sendiri oleh Christabel Annora

Selama merantau di UK, tampaknya minat dan hobi bermusik Christabel Annora tidak lantas dilupakan atau raib begitu saja. Ia mengaku sempat beberapa kali berpartisipasi dalam kelas dan pertunjukan musik di sana. Bahkan pernah terjun ‘mengamen’ di negeri Britania Raya. Kegiatan lain, yang pasti menyenangkan baginya, adalah berburu rekaman musik dan menonton konser musisi idola di sana.

Sebelumnya, beberapa bulan lalu, Christabel Annora sudah sempat merilis single “Dari Jauh”. Lagu itu juga bercerita tentang pengalaman seseorang yang sedang merantau dan jauh dari kampung halaman. Semacam perasaan homesick akibat tuntutan studi atau bekerja di negeri seberang.

Kedua lagu di materi Late December direkam oleh Christabel Annora dan Ade Mahardhuka di Wins Recording Studio, Surabaya. Dalam sesi rekaman singkat selama satu shift itu Christabel Annora juga menggandeng Wahyu Prihartono untuk mengisi saksofon. Proses mixing dan mastering-nya dikerjakan oleh Bambang Iswanto di Nero Studio, Malang.

“Bikin lagu bernuansa Natal ini juga terinspirasi sama Opa…” tutur Christabel Annora sembari tertawa. Ternyata, Opa yang dia maksud itu adalah salah satu musisi idolanya sepanjang masa, Paul McCartney, yang pernah merilis lagu “Wonderul Christmastime” (1979).

Christabel Annora adalah pianist, singer, dan songwriter asal kota Malang yang sudah mengeluarkan debut album, Talking Days, rilisan Barongsai Records pada tahun 2016 silam. Perempuan ini juga sempat terlibat dalam berbagai proyek musikal bersama sejumlah musisi tanah air – seperti Silampukau, Payung Teduh, hingga Slank.

Sejak tanggal 21 Desember 2018, materi Late December sudah tersedia pada layanan musik digital seperti Spotify dan iTunes. Video lirik “December 24th 23:58” juga sudah bisa ditonton melalui kanal Youtube.

Nikmati bingkisan kado spesial dari Christabel Annora ini, disertai ucapan selamat merayakan hari raya Natal 2018 untuk anda semua – baik yang sedang sendiri atau bersama orang-orang terkasih.

Merry Christmas! May the joy bring us peace…” tutup Christabel Annora. “And happy holiday!!!…” (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.