Sambut WMBI 2019!

Kompetisi musik rock/metal kelas dunia, Wacken Metal Battle Indonesia 2019 kembali diselenggarakan.

0
8
WMBI 2019 - Foto dok. DCDC.

GeMusik – Wacken Open Air (W:O:A) adalah festival musik metal dan termasuk dalam jajaran festival terbesar di dunia. Setiap tahunnya, puluhan hingga ratusan ribu metalhead hadir ke hajatan musik metal yang berlokasi di sebuah desa kecil bernama Wacken di Schlesweig-Holstein, Jerman. Festival ini pertama kali digelar pada tahun 1990 dan selalu dihelat setiap awal Agustus. Festival ini disuguhkan selama tiga sampai empat hari berturut-turut, dengan band-band rock/metal kaliber dunia.

W:O:A Metal Battle adalah salah satu program yang digelar oleh Wacken Open Air sebagai salah satu cara menghadirkan perwakilan band dari seluruh dunia untuk bisa berpartisipasi di sana. W:O:A Metal Battle hadir di beberapa negara di dunia yang telah secara resmi bekerjasama untuk menggelar kompetisi yang diperuntukkan bagi band beraliran musik ekstrim.

Kompetisi ini menjadi ajang internasional untuk unjuk gigi para band ekstrim di seluruh dunia dan melibatkan puluhan negara. Tidak hanya dari benua Eropa dan Amerika, partisipan dari negara Kanada, Meksiko, Afrika Selatan, Timur Tengah, Cina, hingga Jepang telah membuktikan kualitasnya di pentas musik internasional ini. Peserta yang terdaftar dalam kompetisi ini akan tampil di W.E.T atau Headbangers Stage di Wacken Open Air Festival.

Tahun 2019 ini, W:O:A Metal Battle tercatat digelar untuk yang ke-16 kalinya. Keterlibatan setiap negara dalam W:O:A Metal Battle ditentukan oleh pihak dari Wacken Open Air yang menerapkan sistem rolling setiap tahunnya, agar setiap negara mendapatkan kesempatan yang sama. Tercatat, ada 30 negara yang mendapatkan kesempatan untuk kembali mengirimkan perwakilannya di W:O:A Metal Battle 2019, dan 14 negara diharuskan untuk rehat dan kembali bertempur di tahun selanjutnya. Pihak dari Wacken Open Air secara resmi telah mengumumkan bahwa Indonesia kembali terlibat di tahun ini.

Untuk Indonesia, W:O:A Metal Battle hadir selama tiga tahun berturut-turut. W:O:A Metal Battle Indonesia (WMBI) dapat terselenggara berkat kerja sama antar DjarumCoklatDotCom (DCDC), ATAP Promotions dan The Metal Rebel. Terselenggaranya WMBI dinaungi oleh program DCDC Dream World yang secara konsisten mendukung pergerakan band tanah air yang memiliki visi untuk memperluas jejaring ke ranah internasional.

Kompetisi ini digelar pertama kali pada tahun 2017. Dari 238 band yang tersebar di 59 kota, akhirnya Beside dari Bandung yang terpilih mewakili Indonesia untuk berlaga di W:O:A Metal Battle internasional. Setahun berikutnya, WMBI kembali digelar dan mendapatkan sambutan yang lebih antusias dari band-band ekstrim di Indonesia. Tercatat, 322 band yang tersebar di 72 kota di Indonesia secara resmi terdaftar sebagai kandidat di WMBI 2018. Di panggung final WMBI 2018, Down For Life dari Solo terpilih untuk berangkat dan bertarung di W:O:A Metal Battle, Jerman. Keputusan ini dibuat berdasarkan penilaian dari juri nasional maupun internasional.

Berbekal pengalaman selama dua tahun menyelenggarakan WMBI, DjarumCoklatDotCom (DCDC) siap untuk kembali mendukung impian band ekstrim Indonesia untuk tampil di Wacken Open Air 2019.

Ajang WMBI 2019 ini terbuka untuk seluruh band dengan aliran musik ekstrim yang sudah memiliki karya sendiri. Seluruh band yang terdaftar akan dinilai oleh juri secara objektif, yang kemudian hasil penilaiannya akan dikerucutkan menjadi 30 besar dan 10 besar. Finalis yang masuk ke tahap 10 besar berhak untuk tampil di panggung final, untuk kemudian dipilih satu band yang akan mewakili Indonesia ke W:O:A Metal Battle di Jerman.

Pendaftaran untuk mengikuti WMBI 2019 secara resmi dibuka sejak tanggal 1 Februari 2019. Seluruh band yang ikut serta di kompetisi ini diwajibkan untuk mengisi formulir yang berisi informasi terkait band dan segala aktivitasnya, juga mengunggah tiga buah materi lagu andalan mereka untuk menjadi bahan penilaian juri.

Pendaftaran bisa dilakukan melalui situs www.djarumcoklat.com. Setelah tim WMBI 2019 memastikan bahwa seluruh data yang disertakan lengkap, band tersebut akan ditampilkan di halaman WMBI 2019 untuk selanjutnya dilaksanakan proses penjurian. Pendaftaran akan ditutup di bulan April 2019 mendatang.

Untuk informasi selengkapnya, sila cek pada tautan berikut:

DJARUMCOKLATDOTCOM
Instagram: @dcdc.official
Twitter: @DjarumCoklat
Facebook: @DCDCofficial
Website: www.djarumcoklat.com

WACKEN METAL BATTLE INDONESIA
Instagram: @wackenmetalbattle.indonesia
Website: www.djarumcoklat.com/wackenmetalbattleindonesia/2019
Email: wackenmetalbattle.indonesia@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.