GeMusik – Dua band berbeda genre dan generasi, Sorpions dan Megadeth, bersiap tur bareng yang rencananya akan dimulai dari Reading, Pennsylvania (14/9) dan berakhir di Tampa, Florida (15/10). Uniknya, tur tersebut diberi nama Crazy World, salah satu judul album Scorpions. “Judul itu sengaja kami pilih karena sangat relevan untuk menggambarkan situasi dunia saat ini,” begitu alasan gitaris Matthias Jabs.

Dirilis pada 1990, Crazy World merupakan album tersukses dalam sejarah Scorpions (setelah rekaman ini selesai bassis Francis Buchholz mengundurkan diri). Singlenya,  “Wind of Change”, terjual hingga 14 juta keping. Lagu ini dianggap menjadi simbol perubahan iklim politik di Eropa Timur yang ditandai oleh robohnya tembok Berlin.

Sejak dibentuk oleh gitaris Rudolf Schenker di Hanover pada 1965, Jerman, Scorpions telah merilis 18 album, 27 kompilasi dan 74 single. Total penjualan albumnya mencapai 100 juta keping di seluruh dunia. Matthias Jabs sendiri bergabung sejak 1979 menggantikan Uli Jon Roth. Setelah ditangani produser Dieter Dierks yang menciptakan tradisi heavy metal melodik, karir Scorpions meroket dengan Animal Magnetism (1980), Blackout (1982), Love at First Sting (1984) dan Savage Amusement (1988) dan terutama Crazy World. Dua gelar terhormat pernah disandangnya yaitu sebagai Pahlawan Heavy Metal versi majalah Rolling Stone dan Duta Musik Rock versi MTV.

Di tengah membanjirnya pendatang baru, Scorpions tetap tegak laksana batu karang.

“Untuk mempertahankan keutuhan sebuah band dibutuhkan rasa saling menghormati. Tak perlulah terus-menerus kumpul, bareng di satu hotel, satu bus, satu pesawat atau studio latihan. Kami sudah bersama sekian puluh tahun, menciptakan musik dan tur. Itu hal pertama. Yang kedua, penting bagi musisi untuk selalu mempunyai gagasan musik. Terakhir adalah musisi mana pun harus membuat penyegaran. Scorpions selalu melakukan semua hal itu.” (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.