Slank Masuk Pesantren

Silaturahmi bertema Merajut Kebangsaan, membahas bahaya narkoba, makna lirik lagu-lagu Slank dan konser akustik.

2
298
Slank Masuk Pesanten
Slank – kiri ke kanan: Bimbim (drum), Abdee Negara (gitar), Kaka (vokal), Ivanka (bass), Ridho (gitar). Foto: Istimewa

GeMusik – Slank bersama budayawan Zastrouw Al Ngatawi tengah bersiap mengadakan tur bertema ‘Merajut Kebangsaan’ ke sejumlah pesantren di empat kota mulai tanggal 13 September hingga 17 September 2017. Keempat pesantren yang akan disambangi yaitu Pesantren Darussalam di Cujengjing, (Ciamis), Pesantren Al Hikmah 2 di Sirampog, (Brebes), Pesantren Darussalam di Subah, (Batang), dan Pesantren Amanatul Ummah di Pacet, (Mojokerto).

Silaturahmi ini berisikan antara lain kegiatan wakaf Quran dan Juz Amma’, penyuluhan tentang bahaya narkoba, pembagian buku tulis SiDU, serta sumbangan bagi pesantren dan warga sekitar. Ada pun Ngatawi akan membedah makna di balik lirik lagu-lagu Slank. Sementara Slank sendiri selain bagi-bagi pengalaman akan menutup rangkaian silaturahmi dengan penampilan akustik.   Meski diselenggarakan lingkungan dalam pesantren, acara ini terbuka bagi warga sekitar dan tidak dipungut bayaran.

Baca Juga: Gerakan Slankers Malang, Komunitas yang Peduli Sosial

“Musik merupakan bahasa universal yang dapat diterima oleh segala lapisan masyarakat. Kami berharap sosok Slank yang selama ini mengedepankan nilai perdamaian, cinta kasih, persatuan dan toleransi dapat menjembatani keragaman yang ada di tengah masyarakat,” tutur Ngatawi.

Kepada GeMusik, yang menemuinya di Markas Slank,  Bimbim (drum) mengaku tidak akan membuat susunan lagu khusus. “Gua persilakan mas Zastrouw untuk memilih sendiri lagu-lagu yang akan dibahas.”

“Pada dasarnya kita semua berbeda satu dengan yang lain. Namun selalu ada nilai-nilai cinta kasih, toleransi dan persatuan yang menjembatani perbedaan tadi. Musik dan dialog adalah sebagian cara menyampaikannya,” tutur Kaka (vokal). Tur ini menurutnya juga bagian dari tanggung jawab mereka selaku Duta Santri Nasional. (*)

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.