Surat Penutup Tahun Dari Mark Kozelek

Punggawa unit folk Sun Kil Moon membeberkan dua albumnya yang akan datang, hingga daftar favoritnya tahun ini.

0
80
Mark Kozelek - Foto Dok. Popmatters,

GeMusik – Sepanjang tahun 2017, Solois Mark Kozelek atau yang dikenal dengan proyek musik folk bernama Sun Kil Moon telah berhasil merampungkan empat album – 1 mini album dan 3 album kolaborasi. Diskografinya tahun ini merangkum Nights Talks (EP) dan album kolaborasi dengan unit post-metal, Jesu, bertajuk 30 Seconds To The Decline of Planet Earth. Sedangkan dua album kolaborasi lainnya; Mark Kozelek dengan Ben Boye and Jim White, serta bersama Parquet Courts’ Sean Yeaton yang melahirkan Yellow Kitchen.

Tahun 2017 belum berakhir. Di tengah masa liburan panjang, Mark Kozelek melalui situs resminya mengumumkan jika tahun depan dirinya akan meluncurkan dua album sekaligus di bawah nama moniker Sun Kil Moon.

“Tiga tahun sebelumnya merupakan masa tur tersibuk dalam hidup saya, dan sudah waktunya untuk mengambil cuti,” ujar Mark. “Tapi aku tidak bisa dan tidak tahu bagaimana cara menjauh dari membuat musik.”

Mark Kozelek juga menceritakan proses pembuatan salah satu albumnya, “Salah satu album direkam pada kamar hotel di San Francisco, dengan mobile gear. Sebagian besar direkam menggunakan gitar Fender Jazzmaster tahun ‘60-an,” kisahnya. Mark Kozelek juga menjanjikan kalau judul album dan daftar lagunya akan diumumkan pada bulan Februari mendatang, dan kemungkinan besar akan dirilis pada awal musim panas 2018.

Sedangkan materi album lainnya dikerjakan saat tur Sun Kil Moon di bulan November 2017. Mark Mozelek mengisahkan proses penggarapannya musiknya, “Sebagian direkam di Kopenhagen selama tur tersebut, dan juga pada Hyde Street Studios di San Francisco setelah saya kembali ke rumah pada awal Desember.”

Mark Kozelek juga mengungkapkan jika nantinya album yang direncanakan rilis pada awal November 2018 itu akan menyertakan tiga lagu kover. Di antaranya ada lagu “Come On Get Happy” milik The Partridge Family sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum David Cassidy, kemudian lagu “Rock N’ Roll Singer” milik AC/DC sebagai tribut untuk mendiang gitaris Malcolm Young, serta “Chapter 67” dari novel terbaru John Connolly yang berjudul He: A Novel.

Selain menyiarkan kabar mengenai album terbarunya, Mark Kozerek juga mengungkapkan perasaan bahagia atas apa yang telah ia jalani dan lalui sepanjang tahun 2017. Salah satunya ialah mengabarkan jika dirinya baru saja menandatangani kontrak kerja menjadi pengisi musik pada film arahan James Franco, The Pretenders.

“Meskipun saya hanya melakukan tiga tur tahun ini, tapi sangat menyenangkan bisa berbagi panggung dan membuat musik bersama dengan banyak teman dan pemusik hebat,” ujarnya. “Pada usia hampir 51 tahun, dan 25 tahun memasuki karir saya, saya masih menjalani mimpiku. Saya berterima kasih kepada kalian semua…”

Dalam surat yang dirilis melalui situs resminya tersebut, Mark Kozelek juga membuat daftar favoritnya di tahun 2017, yakni sebagai berikut:

Favorite Concert: Thurston Moore Group at The Chapel, San Francisco.
Favorite Book: Goodwood by Holly Throsby.
Favorite Movie: Snow On The Bluff (Netflix).
Favorite TV Series: Dice (Showtime).
Favorite Fight: Mayweather vs McGregor.
Favorite Album: Spain – Live at The Love Song.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.