The Howard Stern Tribute To David Bowie

25 musisi akan membawakan ulang karya David Bowie pada program spesial milik Howard Stern sebagai bentuk penghormatan kepada sang legenda. Mulai dari Sun Kil Moon, Peter Frampton, Bleachers, hingga Billy Corgan.

0
85
tribute to david bowie
Howard Stern Tribute to David Bowie - Foto Dok. Brooklyn Vegan.

GeMusik – Howard Stern dipastikan akan mengudarakan program khusus di stasiun radio Howard 101 SiriusXM miliknya pada tanggal 9 Februari mendatang. Program tersebut adalah sesi tribut untuk mengenang karya-karya mendiang David Bowie, di mana nantinya 25 musisi akan membawakan ulang lagu David Bowie favorit mereka.

“You’ve got some great bands, some new bands, some classic bands,” pukas Stern sebagaimana dilansir Billboard.

Setahun terakhir Howard Stern telah bekerja untuk mengumpulkan karya-karya dari para musisi yang telah merekam dan membawakan ulang lagu David Bowie. Karya-karya tersebut nantinya akan mengudara di acara spesial berjudul The Howard Stern Tribute to David Bowie yang akan dipandu dan diproduksi oleh produser David Bowie, Tony Visconty.

“Ketika saya masuk ke musik rock & roll, salah satu artis yang pertama kali saya masuki adalah David Bowie,” kenang Stern ketika mengumumkan program tersebut.

“Dia selalu berkembang, dia selalu berada di puncak, dia seorang pemusik hebat dan penulis lagu hebat dan penyanyi hebat. Saya ingin memastikan bahwa orang-orang mengingat David Bowie,” katanya.

David Bowie meninggal dunia pada tanggal 10 Januari 2016 silam dalam usia 69 tahun. Dalam sebuah pernyataan, Tony Visconti pernah berjanji bahwa dia terinspirasi untuk mengumpulkan sebuah perayaan kehidupan musikal temannya tersebut.

Selain pernah menjadi produser sekitar setengah dari seluruh diskografi David Bowie, Tony Visconty juga merupakan kerabat dekat dari sang legenda berjuluk “Starman” tersebut. Dia mengaku sangat senang bisa menjalankan proyek untuk menginterpretasikan lagu-lagu fantastis dari sahabatnya itu.

Proyek ini sangat ambisius karena lagu-lagu David Bowie tidak mudah dimainkan dan dinyanyikan karena alasan teknis. Tapi semua orang yang berpartisipasi dalam acara ini berani mengambil kesempatan itu,” tutur Visconty.

Dari sekian banyak artis yang akan terlibat pada proyek ini. Nama Billy Corgan yang paling menarik perhatian. Frontman unit rock alternatif, The Smashing Pumpkins, yang akan menggubah anthem terkemuka milik David Bowie berjudul “Space Oddity”.

Billy Corgan juga mengungkapkan seberapa penting karya David Bowie mempengaruhi karir bermusiknya. “Ketika tumbuh dewasa, Bowie adalah salah satu idola saya. Bisa mengenal [David Bowie] beberapa saat, bermain dan bekerja bersamanya adalah sebuah kehormatan,” ungkap vokalis berkepala plontos itu.

Namun, Billy menegaskan jika lagu “Space Oddity” awalnya bukan lagu David Bowie favoritnya. Billy Corgan mengaku kalau setelah kepergian David Bowie barulah dirinya intim mendengarkan lagu tersebut. Alasannya, karena dia tertarik pada muatan liriknya yang dinilai mengasingkan.

Setelah kepergiannya, saya menemukan diri saya tertarik pada lirik lagu yang mengasingkan, dan menyanyikannya setiap malam sekaligus menjadi cara pribadi saya untuk berkabung atas kehilangannya,” ungkap Billy Corgan yang akhirnya tersadar jika menurutnya lagu tersebut benar-benar fantastis.

Selain Billy Corgan, beberapa musisi lainnya yang turut terlibat pada program The Howard Stern Tribute to David Bowie antara lain adalah;

Peter Frampton – “Rebel Rebel” (Live)
Michael Penn and Aimee Mann – “After All”
Greta Van Fleet – “The Jean Genie”
Kristeen Young – “Moonage Daydream”
Britt Daniel (Spoon) – “Never Let Me Down”
Durand Jones & the Indications – “Young Americans”
Daryl Hall – “Fame”
Corey Taylor – “Fashion”
The Struts – “Suffragette City”
Lisa Loeb – “All the Young Dudes”
Sun Kil Moon – “John, I’m Only Dancing”
Umphrey’s McGee (Feat. Huey Lewis and Jeff Coffin) – “Let’s Dance”
Jade Bird – “Quicksand”
Biffy Clyro – “Modern Love”
Todd Rundgren – “Life on Mars?”
Bones – “I’m Afraid of Americans”
Dawes – “Oh! You Pretty Things”
Nikki Lane – “Golden Years”
Bleachers – “Ziggy Stardust”
Car Seat Headrest – “Ashes to Ashes”
Low Cut Connie – “Diamond Dogs”
Gogol Bordello – “Rock ‘N’ Roll Suicide”
Shawn Colvin – “Heroes”
Garbage – “Starman”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.