Upaya Sajama Cut Menantang Batas Pada Softcore EP

Unit indie rock asal Jakarta itu menggarap mini album versi akustik yang menggandeng Ade Paloh, Eka Annash, Asteriska, hingga Endah N’ Rhesa. Mini album tersebut akan dirilis resmi pada Record Store Day 2018.

0
87


GeMusik – Menyambut perayaan Record Store Day 2018, Sajama Cut bakal merilis EP baru. Mini album itu dikasih judul Softcore, yang memuat tujuh lagu Sajama Cut yang digarap ulang dalam versi akustik.

Uniknya, di EP itu Sajama Cut mengundang sejumlah musisi untuk turut berkontribusi. Mereka yang terlibat adalah Ade Paloh (Sore, Marsh Kids), Asteriska (Barasuara), Eka Annash (The Brandals, Zigi Zaga), Endah N’ Rhesa, Leanna Rachel, dan Tenna Handarini. Nama-nama tersebut sengaja dipilih sendiri oleh Sajama Cut dikarenakan suka dan corak musik para kolaborator itu juga cukup melenceng dan berbeda jauh dari karakter Sajama Cut.

Sebenarnya ini berhubungan dengan tendensi Sajama Cut untuk selalu menantang diri sendiri. Gue pribadi ingin mem-breakdown cara dan instinct penulisan lagu yang selama ini gue gunakan, dan cara paling efektif untuk itu adalah dengan memainkannya secara akustik, karena tidak ada elemen lain selain melodi dan ritme dasar,” ucap vokalis Sajama Cut, Marcel Thee, tentang motif mereka di balik produksi Softcore. “Ini juga sehubungan dengan keinginan gue untuk meng-approach materi album berikut kita dengan cara penulisan yang baru.”

Menurut Marcel, keputusan Sajama Cut untuk mengajak musisi lain berkolaborasi sangat memberikan ide dan masukan artistik yang baru serta menarik bagi band yang beranggotakan Marcel Thee (vokal), Dion Panlima Reza (gitar), Hans Patria (keyboard), dan Banu Satrio (drum). Terlebih, para kolaborator tidak hanya sekedar mengisi part, tetapi juga berkontribusi dalam aransemen.

Secara vokal dan harmonisasi, mereka sangat terlibat – seperti counter-counter melodi yang dilakukan Asteriska di ‘History of Witches’ misalnya, sama seperti yang dilakukan Endah di lagu ‘Rest Your Head On the Day’,” papar Marcel.

Tujuh lagu Sajama Cut yang digubah ulang untuk EP ini adalah “History of Witches”, “Speak In Tounges”, “Rest Your Head on the Day”, “Season Finale”, “Idol Semen”, “Fin”, dan “Fatamorgana”. Alasannya pun cukup berani, karena ketujuh lagu tersebut termasuk underdog, bukan hits, dan tidak begitu dikenal orang.

Softcore EP dirilis oleh demajors dan bisa didapatkan saat perayaan Record Store Day 2018 di berbagai kota di Indonesia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.