Video of The Week: Efek Rumah Kaca untuk Novel #SebelahMata   

Kami memilih video kampanye #SebelahMata untuk menegaskan kalau budaya populer dan musik (masih) punya peran penting dalam konteks sosial dan politik di sekitar kita. Kami juga terkesan dengan eksekusi video terbaru milik YME, Pangalo!, Iksan Skuter, dan Manic Street Preachers.

0
186
Efek Rumah Kaca Menyambut Kepulangan Novel Baswedan di Gedung KPK - Foto Dok. Istimewa.

Singkirkan dulu analisa sinematografis, kajian tehnis perangkat videografi, serta segala hal yang dianggap ‘cool’ kali ini. Kami sengaja memilih video ini untuk menegaskan kembali bahwa produk budaya populer seperti musik itu penting. Bahwa musik akan selalu dekat dengan konteks sosial dan politik di sekitarnya. Kami masih percaya kalau musik bisa membawa perubahan, ke arah yang lebih baik. Atau paling tidak masih mampu memantik kepedulian dan semangat, sekaligus menyuntikkan inspirasi agar kita untuk terus berbuat baik dan benar.

Setelah 10 bulan di Singapura untuk mengobati matanya yang nyaris buta akibat serangan air keras, Novel Baswedan kembali ke tanah air, Kamis (22/02) lalu. Novel kembali bukan karena sembuh. Tapi ia tak sabar menghadapi kasusnya yang mandek. Bukan kasusnya tuntas, malah ia diancam dipidanakan atas tuduhan pencemaran nama baik oleh oknum di internal Kepolisian dengan UU ITE. Tuduhan di atas masih mengancam Novel ketika ia kembali ke Indonesia. Padahal sampai sekarang, penyerang Novel belum juga terungkap!

Efek Rumah Kaca mengajak penggemarnya untuk ikut bersuara dalam rangka mendukung agar kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan tidak ditangani #SebelahMata. Beberapa cara yang bisa anda lakukan sekarang adalah menandatangani petisi di situs www.change.org/NovelKembali, atau ikuti video challenge mengkover lagu “Sebelah Mata” dengan menyertakan pesan untuk penuntasan kasus Novel. Dukung dan sebarkan!

Setelah memahami kasus Novel ini, mungkin mendengarkan lagu “Sebelah Mata” tidak akan pernah sama lagi.

 

Video lain pilihan redaksi GeMusik:

YME – Mania

Kami juga sepakat kalau ini adalah video sekaligus lagu terbaik dalam sepekan terakhir. Sungguh. Jangan kaget. Ini keren. Siapa mereka? Tunggu profilnya sebentar lagi di situs ini.

Pangalo! – Menghidupi Hidup Sepenuhnya

Video klip untuk single pertama Pangalo! dari album “Hurje!” yang akan dirilis akhir bulan ini. Bersiap!

Iksan Skuter – Negara

Maafkan Iksan Skuter yang tidak tahu apapun tentang negara, ia hanya tahu soal kongsi dagang lintas benua yang dikuasai segelintir orang dan dijaga aparat. Rakus!

Manic Street Preachers – Distant Colours

Dengan sedikit bumbu ke-Jepang-an, Manics terdengar semakin solid di bakal album anyarnya. Video ini pun tampak sangat romantik dan melankoli, apalagi ketika ditutup dengan ocehan, “You don’t have to gaze into a crystall ball, when you can read an open book.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.