Yoko Ono Menggugat Minuman Merk
Yoko Ono (Sumber: Pulse)

GeMusik – Janda mendiang John Lennon, Yoko Ono, geram kepada sebuah perusahaan asal Polandia, Lemonade Alternative Drinks dan berencana akan menggugatnya. Penyebabnya, perusahaan itu menyematkan nama “John Lemon” untuk merk minuman yang diproduksi perusahaan itu.

Sekilas nama “John Lemon” terdengar serupa dengan nama mantan personel The Beatles itu, sehingga Yoko Ono menganggap apa yang dilakukan perusahaan tersebut mendompleng nama besar suaminya untuk mendongkrak pemasarannya.

Mengetahui hal itu, tim kuasa hukum Yoko Ono langsung bergerak. Mereka melayangkan somasi kepada Lemonade Alternative Drinks. Permintaan Yoko Ono tak main-main, jika perusahaan tidak segera mengganti nama produknya, maka diwajibkan membayar 5000 euro atau sekitar Rp 80 juta perhari ditambah 500 euro atau sekitar Rp 8 juta untuk setiap penjualan satu botol minuman tersebut.

“Mereka menyalahgunakan dan mengambil keuntugan dari nama John Lennon untuk mendongkrak penjualan minuman mereka,” kata kuasa hukum Yoko Ono sebagaimana dikutip dari Ace Showbiz.

Temuan lain dari tim kuasa hukum Yoko Ono, perusahaan minuman itu juga menggunakan sejumlah judul lagu The Beatles sebagai strategi promosi mereka seperti “Let It Be” yang hits di tahun 1970-an.

Menanggapi gugatan Yoko Ono, perusahaan langsung mengambil langkah. Mereka mengubah nama produknya dari “John Lemon” menjadi “On Lemon”. Hal ini ditujukan agar Yoko Ono tidak melanjutkan gugatannya kepada Lemonade Alternative Drinks.

“Sebenarnya kami tidak sepakat dengan apa yang dilakukan oleh Yoko Ono. Perusahaan sudah mendaftarkan merk itu. Namun karena perusahaan tidak ingin berpolemik maka terpaksa mengubah nama produk,” kata Pengacara Lemonade Alternarive Drinks seperti dikutip dari majalah Rolling Stones.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.