Yon Koeswoyo Tutup Usia

Bendera setengah tiang musik Indonesia.

0
254
Koesyono (1940 - 2018) - Foto Dok. Istimewa.

GeMusik News – Penyanyi, pencipta lagu dan pemain gitar, Yon Koeswoyo, akhirnya menyerah pada gerogotan berbagai penyakit yang dideritanya. Jumat dini hari (5/1), musisi legendaris kelahiran Tuban, Jawa Timur, 27 September 1940, itu mengembuskan nafas di usia 77 tahun. Ia meninggalkan empat orang anak dan seorang istri.

Yon termasuk personil Koes Plus yang tetap aktif hingga menjelang usia senja. “Saya ini kalau sudah menyanyi tidak ingin berhenti,” katanya saat jumpa pers menjelang penampilannya pada Andaikan Koes Plus Datang Kembali, di Balai Sarbini Jakarta, 9 Desember 2016.

Koes Plus : Yon Koeswoyo, Yok Koeswoyo, & Murry. – Foto Dok. Istimewa.

Bagi yang terbiasa mengikuti perkembangan karirnya, kalimat tersebut tentu sudah sangat familiar karena Yon kerap melontarkannya di berbagai kesempatan. Ia bahkan mengaku akan merasa lemas jika tidak menyanyi.

Dengan semangat seperti itu, tidak heran jika kesehariannya selalu terlihat enerjik. Namun beberapa tahun terakhir kesehatannya memang cenderung memburuk, hal yang disadarinya betul.

Setiap kali naik pentas, putera keenam alm. R. Koeswoyo dan Rr. Atmini yang bernama lengkap Koesyono ini hampir tidak tidak pernah menggunakan songlist. Lagu demi lagu meluncur secara spontan. Kini suara lantangnya tak akan pernah terdengar lagi.

Selamat Jalan Pahlawan. (*)

- Happy Anniversary -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here